September 19, 2015

7 Bumbu Rahasia Para Chef Kelas Dunia

Share artikel ini

Belum lama ini saya melihat tayangan masak-memasak di NatGeo People tentang bumbu rahasia para chef kelas dunia yang sangat menarik perhatian saya. Para chef tersebut membuat beraneka makanan dari bahan-bahan yang sederhana, namun memiliki kelezatan yang luar biasa.

Setelah melakukan pengamatan dalam beberapa kali tayangan dari chef yang berbeda, ternyata ada beberapa kesamaan bumbu rahasia yang mereka gunakan. Salah satu bumbu rahasia yang digunakan para chef tersebut adalah safron. Menurut informasi yang saya baca dari internet, safron ini adalah salah satu rempah eksotis termahal di dunia dengan harga setara dengan emas dan banyak digunakan pada masakan Arab, India, Asia Tengah, Iran, Eropa, dan Maroko. Ini baru satu bumbu rahasia yang digunakan para chef kelas dunia tersebut.

7 Bumbu Rahasia Para Chef Kelas Dunia

Ingin tahu bumbu rahasia para chef kelas dunia? Berikut kami berikan untuk Anda.

1. Safron

Safron juga dikenal sebagai Kuma-kuma. Rempah ini berasal dari bagian tangkai putik bunga  Crocus Sativus atau bunga pacar yang dikeringkan. Safron sering digunakan sebagai bumbu masakan dan bahan pewarna untuk masakan Timur-tengah dan beberapa wilayah di Eropa. Rempah-rempah ini paling banyak dicari oleh chef kelas dunia untuk digunakan sebagai bumbu rahasia masakan yang mereka buat. Rempah eksotis ini menduduki peringkat pertama bumbu paling mahal di dunia dengan harga per-kilo mencapai belasan juta rupiah. Para chef kelas dunia biasa mencampurkan air rendaman safron ke dalam makanan lezat seperti Seafood Paella atau Ice Cream Safron. Safron terbaik berasal dari Iran.

2. Madu

Dengan sedikit madu yang dituangkan di atas rebusan, tumisan, atau sebagai campuran saus, maka makanan biasa akan berubah menjadi luar biasa. Madu biasa digunakan para chef untuk memberikan pemanis alami yang lebih sehat ke dalam masakan. Makanan dan sayuran akan terasa lebih lezat jika dituangi oleh madu. Beberapa aroma sayuran yang sedikit asam akan diimbangi dengan cita rasa yang dihasilkan dalam madu ini. Beberapa makanan yang sering dicampur dengan madu di antaranya, Ayam Saus Madu, Udang Saus Madu, hingga Kacang Mete Madu.

 

3. Pasta Tomat

Pasta tomat sering hadir di banyak masakan ala Italia seperti Spaghetti dan Pizza. Tapi chef Queen Hatfield yang namanya masuk dalam daftar 10 restoran terbaik 2010 menurut Bon Appetit Magazine mengatakan bahwa pasta tomat wajib ada di dapur restoran kelas dunia. Sediakan tomat segar untuk membuat pasta tomat segar dan campurkan ke beberapa jenis masakan untuk memberikan efek kesegaran dalam masakan. Anda juga bisa menyediakan pasta tomat botol di rak dapur Anda untuk lebih praktisnya.

 

4. Garam

Tidak susah untuk mendapatkan garam. Pasalnya garam telah menjadi bumbu wajib yang harus tersedia di seluruh dapur di dunia. Harga garam juga sangat terjangkau oleh semua kalangan. Dengan sedikit taburan garam makanan Anda akan terasa gurih dan tidak hambar. Gunakan garam secukupnya untuk memberikan kelezatan alami di setiap masakan Anda.

 

5. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kunyit, batang  serai, dan lain sebagainya banyak digunakan para chef kelas dunia untuk memberikan cita rasa masakan yang lezat dan beraroma  harum. Rempah-rempah tersebut banyak digunakan untuk berbagai masakan Asia dan Eropa yang mudah didapatkan di pasar tradisional di sekitar Anda. Dengan sedikit campuran rempah-rempah tersebut akan menjadi bumbu rahasia untuk daging dan sayuran dengan kelezatan maksimal.

 

6. Udang Kering

Tambahkan sedikit udang kering atau ebi ke dalam hidangan pembuka dan kaldu yang kaya akan karamel. Chef Dale Talde sering menggunakan udang kering untuk masakan sup dan tumis daging sapi. Rasa asin yang terdapat pada udang kering dengan daging sapi akan membuat masakan semakin lezat. Di Indonesia, udang kering sering digunakan sebagai campuran sambal dan beberapa sayuran bersantan yang akan membuat aroma bertambah gurih.

 

7. Cuka Apel

Cuka apel atau apple vinegar sering digunakan chef asal Virginia, Harrison Keevil untuk mengimbangi rasa pahit sayuran seperti sawi dan kol. Cuka apel ini juga digunakan oleh seorang chef dari Alabama, James Boyce untuk mengurangi lemak pada daging dan menambahkan rasa yang unik. Cukup gunakan beberapa tetes cuka apel ke dalam masakan Anda.

Bumbu rahasia para chef kelas dunia tersebut tidak hanya didapatkan dari literatur sekolah kuliner saja, namun mereka dapatkan dari resep warisan keluarga dan hasil uji coba langsung di lapangan. Dibutuhkan keahlian dan kemampuan untuk meracik berbagai masakan lezat dengan bumbu rahasia yang sederhana. Bagaimana dengan bumbu rahasia yang Anda gunakan? Anda dapat share dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga:

Profesi Chef yang Makin Populer

(Visited 1,334 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *