January 29, 2016

7 Fakta Menarik tentang Budaya dan Bahasa China

Share artikel ini

Negara China atau Tionghua memiliki tradisi dan kebudayaan yang unik. Jumlah penduduknya yang terpadat di dunia yaitu 147 orang per km persegi atau sekitar 1.37 milyar penduduk di China membuat tradisi dan kebudayaannya semakin menguat. Masyarakat China memiliki tradisi dan budaya mereka sendiri, antara lain berkaitan dengan kaligrafi, makanan, gaya berpakaian, bahasa, dan banyak hal lainnya.

Berikut fakta-fakta menarik tentang tradisi dan budaya China :

1. Kaligrafi China

Kaligrafi atau tulisan China merupakan seni menulis tanda-tanda bahasa China. Kaligrafi China telah muncul sejak abad ke-2 ini ditujukan untuk menyampaikan gagasan sekaligus menampilkan keindahan abstrak garis. Kaligrafi China dapat ditulis dengan menggunakan kuas dengan mengandalkan pergelangan tangan yang dapat bergerak secara luwes. Kuas yang digunakan yaitu terbuat dari bambu dan tinta untuk menuliskan huruf-huruf China yang penuh makna.

kaligrafi cina

Kaligrafi China atau huruf Mandarin ini merupakan yang berasal dari gambar atau simbol. Misalnya symbol matahari 日 (ri) artinya matahari. Awalnya berupa gambar bulatan besar yang menggambarkan matahari dan titik di tengah sebagai inti matahari. Sedangkan untuk menulis  sawah maka hurufnya yaitu 田 (tian) artinya sawah. Bentuk huruf China  yang berarti sawah terlihat mirip dengan petak-petak sawah.

(Visited 2,657 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *