January 29, 2016

7 Fakta Menarik tentang Budaya dan Bahasa China

Share artikel ini

5. Cheongsam

Cheongsam merupakan pakaian panjang untuk wanita yang ketat di badan atau memperlihatkan lekuk tubuh wanita. Cheongsam yang  masih populer digunakan wanita China hingga saat ini merupakan gaun yang diciptakan pada tahun 1920-an dan merupakan gaya busana yang dipakai oleh wanita kalangan atas di saat itu.  Istilah “Cheongsam” yang berarti “pakaian panjang”, diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dari dialek Propinsi Guangdong (Canton) di Tiongkok, adapun daerah lainnya menyebut pakaian ini sebagai “Qipao”. Pakaian cheongsam mudah dikenakan dan nyaman.

Bentuk pakaian Cheongsam sangat cocok dengan bentuk tubuh wanita bangsa China dengan leher tinggi, lengkung leher baju tertutup, dan lengan baju bisa berukuran pendek, sedang maupun panjang.

cheongsam

Pakaian ini memiliki kancing di sisi kanan, bagian dada longgar, ada tali dibelah sisi, yang kesemuanya semakin menonjolkan kecantikan dari wanita yang mengenakannya. Cheongsam berbentuk sederhana sehingga tidak memerlukan banyak perlengkapan seperti selendang maupun sabuk. Pakaian wanita ini biasanya dibuat dari berbarbagai bahan misalnya katun maupun sutera. Cheongsam bukan hanya disukai wanita China akan tetapi telah digunakan juga oleh wanita Negara-negara lain di dunia.

(Visited 8,856 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *