August 19, 2016

8 Ide Kencan Ibu – Anak yang Bisa Anda Coba untuk Akhir Pekan

ide kencan ibu anak
Share artikel ini

Setelah beberapa waktu lalu Sukawu.com membahas tentang Kegiatan Ayah dan Anak yang Menyenangkan pada Saat Weekend, sekarang giliran kita membahas tentang 8 Ide Kencan Ibu – Anak yang Bisa Anda Coba untuk Akhir Pekan.

Mengisi waktu luang di akhir pekan bersama anak memang merupakan cara yang mujarab agar hubungan ibu dan anak semakin dekat, ketimbang sibuk dengan gadget-nya masing-masing.

Lalu kegiatan apa sajakah yang dapat dilakukan ibu bersama anaknya? Mari kita lihat ulasannya berikut ini:

1.Memasak

01 Memasak

Memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan, karena hasilnya bisa langsung dinikmati sendiri. Kegiatan ini juga tidak memandang jenis kelamin. Jika seorang ibu memiliki hobi masak, maka biasanya secara tidak langsung anak akan melihat dan meniru apa yang dilakukan ibunya.

Pada awalnya, mungkin sebaiknya tidak terlalu banyak melibatkan kegiatan masak pada anak, namun tetap memberi tugas ringan seperti menyiapkan bahan yang diperlukan, mencuci bahan yang akan dimasak, menyiapkan perlengkapan masak, menyicipi rasa masakan, atau kegiatan kecil lainnya.

Sambil memasak, sang Ibu dapat ngobrol dengan anaknya tentang aktivitas mereka selama seminggu kemarin. Momen tersebutlah yang akan mempererat ikatan ibu dan anaknya. Selain itu, kemampuan memasak anak dapat terasah sejak kecil dan mungkin saja anak dapat menemukan bakatnya di bidang memasak.

 

 2.Berbelanja Kebutuhan Pokok

02 Belanja

Belanja maksudnya bukan belanja pakaian atau perhiasan di mall, namun belanja kebutuhan pokok rumah tangga seperti bahan makanan, perlengkapan rumah tangga, alat kebersihan dan sebagainya.

Mengajak anak untuk ikut belanja kebutuhan pokok secara tidak langsung akan mengajarkan kepada mereka agar ketika dewasa, mereka terbiasa dengan kebutuhan pokok rumah tangga.

3.Membersihkan rumah

03 Membersihkan Rumah

Kegiatan membersihkan rumah sangat positif karena selain membuat rumah kita tidak menjadi sarang nyamuk, anak juga akan belajar tentang kebersihan sejak kecil.

Tak hanya kebersihan saja yang dilatih, namun Anda juga mengajarkan kerapihan sehingga ia dapat membereskan mainannya sendiri. Saat melihat sesuatu yang berantakan maka mereka akan tergerak untuk merapikannya.

4.Olahraga

04 Olahraga

Selain untuk menjaga kesehatan, olahraga juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk ibu dan anak. Ajak anak Anda bersepeda santai keliling kompleks rumah atau jogging di sekitar perumahan Anda.

5.Mencuci Mobil

05 Mencuci Mobil

Jangan salah, ternyata kegiatan mencuci mobil bersama bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, sekaligus menjadi kesempatan untuk bermain air. Kegiatan mudah ini dilakukan, cukup mencuci bagian luar mobil saja, tidak perlu sampai vakum bagian dalam, apalagi mencuci mesin.

6.Menonton Film

06 Menonton Film

Beli DVD di toko atau download film secara resmi lalu tontonlah bersama anak. Jangan lupa untuk memilih film yang mendidik dan bukan yang mengandung unsur kekerasan. Lalu coba bahas mengenai pesan moral yang terkandung dalam film tersebut bersama anak. Bisa jadi, anak tersebut memiliki ketertarikan untuk memproduksi filmnya sendiri atau menjadi artis Youtube.

7.Membuat Prakarya

07 Membuat prakarya

Coba buat prakarya yang mudah bersama anak, seperti burung dari kertas origami, melukis di gelas, membuat scrapbook, dan lain sebagainya. Selain melatih kreativitas anak, hasil prakarya ini bisa dijadikan sebagai hiasan rumah yang menarik. Jika bingung harus mulai dari mana, mungkin anda bisa coba carikan kursus ketrampilan tangan untuk anak anda.

8.Kencan dan Makan Malam yang Menyenangkan

08 Kencan Makan Malam

Sekali-kali pergi makan malam tak harus dengan suami saja, namun bisa juga dilakukan bersama anak Anda. Ajak ia makan malam di restoran yang unik dan nyaman supaya Anda bisa mengobrol sambil menikmati makanan dengan anak.


Waktu kebersamaan dengan anak memang sangat penting untuk menjalin kedekatan ibu dengan anaknya. Pada saat momen ini terjadi, usahakan jauhkan gadget yang dapat mengganggu komunikasi antara ibu dan anak.

Bagi para ibu yang belum memiliki waktu yang special bersama anaknya, mulai saat ini luangkanlah waktu yang ada untuk bisa bersama anak-anak. Dan saat menikmati waktu bersama sama inilah orang tua dapat mengetahui secara langsung.

 

Happy Parenting!

(Visited 414 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *