October 13, 2015

Acroyoga, Perpaduan Antara Yoga dengan Akrobat

Share artikel ini

Semua orang tahu, jika berolahraga tubuh akan sehat dan bugar. Olahraga yang biasa-biasa saja, misalnya jalan kaki, naik sepeda statis ataupun senam sudah sering kita lakukan. Lantas, olahraga apa lagi yang lebih menantang?  Cobalah Acroyoga! Olahraga ini tengah menjadi tren karena diminati para artis mulai dari Olla Ramlan, pasangan pengantin baru Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie, hingga Luna Maya. Acroyoga juga bisa melatih kesabaran, melatih kelenturan otot serta melatih keberanian. Betapa tidak, olahraga yang memadukan antara yoga dan akrobat ini mengharuskan kita untuk membuat gerakan atau posisi yang menantang, seperti duduk bersila di atas kaki pasangan kita.

Acroyoga merupakan olahraga yang berasal dari India. Pada tahun 1980 dikembangkan di Kanada. Dua tahun belakangan ini Acroyoga semakin popular di Indonesia, terutama dilakukan para artis. Foto-foto saat latihan Acroyoga yang disebarkan di Instagram para artis itu sangat unik dan gerakan serta posisinya sangat sulit.

Beberapa gerakan Acroyoga antara lain birdy yaitu gerakan seakan-akan kita melayang di udara seperti burung dengan meluruskan tubuh di atas telapak kaki pasangan. Pada posisi ini kedua tangan masih bertumpu pada pasangan. Gerakan ini untuk melatih pernafasan. Gerakan lainnya yaitu Free Bird yaitu menyerupai gerakan birdy tetapi kedua tangan lurus dan tidak boleh bertumpu pada pasangan. Acroyoga memang olahraga yang setiap gerakannya dilakukan selalu mengandung unsur akrobatik dan yoga.

Manfaat Olahraga Acroyoga untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini manfaat olahraga Acroyoga untuk kesehatan tubuh.

1. Mengencangkan alat vital

Gerakan Acroyoga untuk para wanita bermanfaat untuk mengencangkan alat vital atau miss V. Hal itu disebabkan beberapa gerakan Acroyoga dapat dirasakan hingga paha dalam, di mana gerakan ini berfungsi untuk mengencangkan alat vital sehingga hubungan suami istri akan lebih harmonis.

2. Melatih kekuatan otot

Acroyoga memiliki manfaat utama yaitu melatih kekuatan otot seperti otot besar. Beberapa gerakan Acroyoga misalnya terbang di atas kaki hanya bisa dilakukan jika otot yang berada di antara perut dan kemaluan diaktifkan.  Hal ini sulit dilakukan jika kita tidak pernah berolahraga. Itulah sebabnya, otot harus diaktifkan, karena jika tidak maka akan menghambat dan mempersulit dalam melakukan Acroyoga. Salah satu cara mengaktifkan otot tubuh dengan cara rutin berolahraga dan melakukan yoga.

3. Melatih kesabaran

Acroyoga tidak bisa dilakukan sendirian. Olahraga ini bisa dilakukan berdua, bertiga atau dalam jumlah lainnya, sehingga kita harus memupuk kesabaran terhadap pasangan latihan kita. Acroyoga juga seperti halnya yoga berfungsi untuk melatih kesabaran diri. Misalnya, saat melakukan gerakan berdiri satu kaki dengan kondisi tangan naik di atas, tentulah ada rasa gemetaran pada awalnya. Nah, dengan kebulatan hati dan tekad yang kuat kita akan diuji seberapa besar tingkat kesabaran yang kita miliki.

4. Mengharmoniskan hubungan

Terutama jika dilakukan antara suami dan istri, maka Acroyoga diyakini akan semakin mengharmoniskan hubungan. Sebab Acroyoga hanya bisa mulus terjadi jika ada chemistry dan komunikasi yang terjalin. Dalam hal ini bukan hanya hubungan suami istri saja yang semakin baik, hubungan kakak adik ataupun sabahat akan semakin akrab jika melakukan olahraga ini. Bahkan dengan orang yang baru kita kenal pun hubungan akan semakin akrab  satu sama lainnya.  Hal ini biasanya disebut dengan instan koneksi.

5. Memperbaiki struktur tulang

Acroyoga dapat digunakan sebagai alternatif untuk pembentukan tulang agar lebih tegak, terutama bagi mereka yang memiliki tulang punggung bungkuk.  Beberapa gerakan yoga seperti kayang di atas kaki dengan membuka dada dapat memberikan manfaat penegakan tulang belakang dan mengurangi rasa sakit pada pinggang. Dengan kaki sebagai pondasi untuk gerakan kayang ini akan menyebabkan pembetukan tulang yang semakin sempurna.

Acroyoga memang bukan sekadar yoga biasa, gerakan-gerakan yang sulit dan posisi tubuh yang tidak gampang menuntut kita untuk berlatih secara serius dan harus didampingi dengan pelatih. Yang pasti, kita harus olahraga teratur sebelum melakukan Acroyoga, karena tanpa olahraga teratur, gerakan Acroyoga sulit kita lakukan.

Apabila Anda memiliki pengalaman melakukan Acroyoga, silahkan share di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga:

Segarkan Tubuh dan Pikiran Anda Melalui Yoga

7 Rahasia Sukses Selebriti Menjaga Sikap dan Penampilan

(Visited 652 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *