July 15, 2015

5 Alasan Utama Mengapa Anda Harus Membaca Buku

Share artikel ini

Orang tua ataupun guru Anda pasti pernah menasehati Anda untuk selalu membaca buku. Tetapi, perkataan itu sering kali tidak dihiraukan oleh kebanyakan orang karena mayoritas dari kita selalu menganggap bahwa buku adalah media cetak yang sangat membosankan dan tidak menghibur.

Tetapi, tahukah Anda bahwa membaca buku adalah jendela dunia? Dengan membaca buku, Anda dapat mengetahui banyak sekali informasi yang belum Anda ketahui sebelumnya.

Apakah hanya itu saja manfaatnya? Kalau hanya informasi, semua orang pasti bisa mencarinya di internet. Namun, dengan membaca buku, Anda bukan hanya semata-mata mendapatkan informasi tetapi Anda bisa mendapatkan banyak dampak positif yang lebih daripada itu.

Berikut adalah berbagai manfaat positif dari membaca.

1. Mencegah penyakit

Berdasarkan penelitian dari Henry Ford Health System, Dr. C. Edward Coffey, membuktikan bahwa hanya dengan membaca buku seseorang akan terhindar dari penyakit “Demensia” dan “Alzheimer”. Demensia adalah sebuah penyakit yang menyebabkan penurunan fungsional oleh otak yang dapat menyebabkan orang tidak dapat berpikir dan beraktivitas dengan baik atau yang biasa dikenal dengan gejala pikun atau mudah lupa sedangkan Alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan matinya sel-sel otak sehingga otak mengerut dan mengecil. Penyakit ini biasanya diidap oleh orang yang telah lanjut usia.

Namun, penyakit-penyakit yang membahayakan ini dapat dicegah dengan membaca buku. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena dengan membaca buku, Anda merangsang otak Anda untuk terus bekerja sehingga otak Anda terus sehat dan terus aktif. Anda juga dapat meningkatkan kualitas memori serta mengembangkan otak Anda.

Meningkatkan kualitas memori? Bagaimana mungkin dengan membaca buku tipis Anda bisa meningkatkan memori seseorang? Anggapan ini sebenarnya salah mengingat bahwa dengan membaca, Anda pasti akan mengingat alur atau plot dalam cerita tersebut. Jika Anda membaca novel detektif, Anda juga akan dilatih untuk menebak-nebak alur cerita dalam novel tersebut. Bukan hanya Anda dapat ketagihan dalam membaca novel, Anda dapat membayangkan cerita tersebut, latar tempat cerita serta Anda akan merasa bahwa Anda juga berada di novel tersebut!

2. Meningkatkan wawasan dan memperdalam pengetahuan

Ilmu tidak akan pernah habis dan ilmu merupakan salah satu hal yang paling berharga dalam hidup Anda yang tidak bisa ditukarkan dengan apapun. Jika Anda kaya dengan ilmu, Anda pasti tidak akan hidup dalam kekurangan karena semua perusahaan di dunia membutuhkan orang yang kaya dengan ilmu. Oleh karena itu, latihlah diri Anda untuk membaca bacaan seperti koran harian ataupun buku yang memang Anda tertarik dalam genre atau aliran tersebut. Jika Anda membaca sesuatu yang memang dasarnya tidak Anda sukai, Anda pasti tidak akan tertarik dalam membacanya dan Anda tidak akan mendapatkan manfaat apapun.

Dengan membaca hal yang memang Anda minati, Anda dapat mengetahui hal-hal yang belum Anda ketahui yang mungkin bisa menjadi suatu kelebihan Anda di dunia kerja.

Jika Anda membaca bacaan bahasa asing, hal ini sangat efektif untuk memperdalam bahasa Anda. Anda dapat menambahkan kosa kata baru yang dapat membantu Anda dalam berbicara dan berbahasa dalam bahasa asing tersebut.

3. Meningkatkan kosentrasi

Saat Anda membaca bacaan, Anda pasti membutuhkan konsentrasi yang besar untuk menganalisa serta memahami kalimat-kalimat tersebut. Dengan terbiasa membaca, Anda dapat meningkatkan konsentrasi Anda dalam melakukan pekerjaan serta aktivitas sehari-hari Anda. Anda akan menjadi otomatis memusatkan seluruh konsentrasi serta fokus Anda ke dalam buku yang sedang Anda baca atau pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

Untuk mencapai hal ini, diperlukan disiplin serta kemauan yang kuat dalam diri Anda untuk rutin membaca. Anda tidak perlu meluangkan waktu berjam-jam untuk membaca suatu bacaan. Anda hanya cukup untuk meluangkan waktu selama 10 – 15 menit setiap harinya untuk rutin membaca suatu bacaan. Misalnya, jika Anda sedang makan pagi, usahakan untuk membaca koran sambil makan. Hal ini juga dapat meningkatkan konsentrasi Anda saat Anda pergi ke kantor ataupun ke sekolah. Anda juga dapat mengetahui hal-hal terkini yang terjadi di negara kita, bukan?

4. Berpikiran terbuka

Saat Anda membaca karya dari seseorang yang berasal dari luar negeri, Anda pasti dapat merasakan perbedaan norma serta budaya yang terdapat pada negara tersebut. Anda dapat mengetahui bagaimana kehidupan orang lain yang berada di negara dan benua lain. Oleh karena itu, Anda dapat berpikiran lebih terbuka, menghormati serta menghargai budaya dan norma mereka. Anda juga dapat menerapkan hal-hal positif yang diterapkan pada negara tersebut.

5. Mengurangi stres

Buku dapat menjadi hiburan yang dapat merilekskan diri Anda setelah Anda beraktivitas melakukan keseharian Anda. Membaca buku seri kesayangan Anda setelah hari yang melelahkan dapat membuat pikiran Anda menjadi segar kembali dan membuat hati menjadi tenang dan damai. Melepaskan stres serta kejenuhan Anda setelah bekerja adalah hal yang sangat penting agar Anda dapat memaksimalkan kinerja Anda keesokan harinya.

Buku akan membawa Anda ke tempat-tempat yang belum Anda pernah kunjungi sebelumnya, melampaui batas-batas impian  dan membuat impian Anda menjadi kenyataan. Semoga postingan ini dapat membantu Anda! Semoga berhasil!

(Visited 424 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *