February 11, 2016

Apa Artinya Hari Valentine?

Share artikel ini

#3. Sejarah hari Valentine versi modern

St ValentinusSejarah perayaan hari Valentine yang masih diyakini di jaman modern ini mengacu pada legenda kematian pendeta Romawi pada abad ke III, Santo Valentinus yang dipercaya sebagai orang suci yang menikahkan banyak pasangan. Ia rela dihukum mati karena tekadnya untuk mengukuhkan kasih sayang dalam lembaga pernikahan.

Itulah sebabnya banyak legenda peryaaan hari kasih sayang pada tanggal 14 Februari yang dihubungkan dengan gugurnya Santo Valentinus sebagai martir (mati syahid). Ia gugur karena menentang raja Claudius yang melarang pernikahan semua pria di kerajaan itu karena akan direkrut sebagai pasukan perang.

Sayangnya banyak pria yang enggan meninggalkan kekasih atau pun keluarga mereka. Lalu Claudius berpendapat, jika pria tidak menikah, maka mereka dengan senang hati akan bergabung dengan pasukan militer. Maka, semua pria yang ada di kerajaannya dilarang menikah. Santo Valentinus menentang ide gila itu. Ia pun secara diam-diam membantu menikahkan mereka.

Akhirnya kabar pernikahan itu menyebar dan murkalah raja Claudius. Santo Valentinus dijebloskan ke penjara dan dihukum mati. Sore hari sebelum ia mati sebagai martir, Santo Valentinus menulis sebuah catatan kecil yang diberikan pada sipir penjara dengan kalimat yang diakhiri dengan “Dari Valentinusmu”. Orang-orang yang mengetahui Santo Valentinus dihukum mati, bukannya Santo Valentinus dihina, akan tetapi justru banyak dikunjungi banyak orang dengan membawa bunga dan pesan dukungan.

Walaupun begitu ia tetap tidak bisa mengelak dari hukuman sang raja. Pesan dari Santo Valentinus akhirnya dianggap sebagai pesan kasih sayang yang mengubah segala. Itulah sebabnya hingga hari ini tanggal 14 Februari dirayakan sebagai hari Valentine atau hari kasih sayang.

Nah, tahu kan sekarang bahwa sejarah hari Valentine itu sebenarnya sungguh menarik? Ayo silakan share postingan ini ke teman-teman.

(Visited 155 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *