January 30, 2016

Apa Itu Imlek?

Share artikel ini

Pencipta Kalender Imlek, Wan Nian

Kalender Imlek atau Tahun Baru Chinese (Chinese New Year) diciptakan oleh seorang pemuda yang bernama “Wan Nian [万年] ”. Keinginannya untuk mewujudkan kalender Imlek akibat ia melihat kekacauan perhitungan musim pada saat itu, maka timbullah keinginannya untuk memperbaiki cara perhitungan musim agar lebih tepat.

Pada suatu saat Wan Nian beristirahat selepas kerja di bawah pohon. Lantas ia terinspirasi oleh bayangan pohon yang bergerak hingga akhirnya ia menciptakan alat guna memantau pergerakan bayangan matahari agar dapat mengetahui dan mengukur waktu dalam satu hari.

kalender imlek

Bukan hanya itu, tetesan air dari tebing juga mengilhaminya untuk menciptakan alat bertingkat lima yang bernama “Wu Ceng Lou Hu [五层漏壶]” untuk mengukur waktu. Dari alat-alat yang Wan Nian ciptakan itu ia menemukan bahwa setiap musim akan memiliki siklus atau berulang kembali setiap 360 hari. Alat-alat yang dimiliki Wan Nian kemudian ditunjukkan pada raja “Zu Yi [祖乙]”  yang memang tengah pusing memikirkan perubahan musim yang sulit diprediksi. Setelah mendapat penjelasan Wan Nian, akhirnya raja meminta Wan Nian untuk tinggal di Istana dan diberi bangunan yang bernama “Ri Yue Ge” atau “Pavilion Matahari Bulan” agar dapat mengetahui hukum alam tentang hari dan bulan serta mengetahui lebih akurat waktu matahari terbit dan terbenam sehingga dapat mewujudkan kalender untuk kesejahteraan rakyat.

Akhirnya, Wan Nian mendapatkan kesimpulan yang sama dengan penemuan sebelumnya yaitu matahari terbit dan tenggelam selama 360 hari dan akan terus berulang dan pohon akan layu dan mekar terbagi dalam empat musim serta terdapat 12 bulan purnama. Wan Nian pun akhirnya meminta pada raja Raja Zu Yi untuk menetapkan Hari Raya. Raja Zu Yi pun berkata, “Sekarang adalah musim semi yang juga merupakan musim pertama dalam satu tahun, maka kita sebut saja Hari Raya Musim Semi”. Inilah awalnya penetapan Hari Raya Musim Semi atau Tahun Baru Imlek yang dikenal hingga saat ini.

(Visited 357 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *