January 30, 2016

Apa Itu Imlek?

Share artikel ini

Mengapa hari raya Imlek dirayakan ?

Legenda rakyat China menyebutkan Tahun Baru China dirayakan ketika orang China berhasil melawan hewan mitos yang disebut sebagai Nian. Nian artinya Tahun dalam bahasa China. Makhluk Nian itu selalu menampakkan diri saat hari pertama Tahun Baru dan kedatangannya akan memangsa ternak, memakan hasil pertanian dan bahkan memakan manusia terutama anak-anak.

makluk nian imlek

Maka dicarilah akal agar bisa selamat dari makhluk menyeramkan itu, caranya yaitu menaruh sejumlah makanan di depan pintu mereka pada hari pertama Tahun Baru. Dengan cara demikian maka dipercaya Nian akan mengambil makanan sehingga tidak menyerang warga.

Selain itu, ternyata Nian takut dengan orang yang berkostum merah. Maka, dari kejadian ini penduduk desa akhirnya tahu kalau Nian takut pada warna merah. Itulah sebabnya setiap menjelang tahun baru, masyarakat akan memasang tirai berwarna merah pada pintu dan jendela.

Sejak itulah Nian tidak pernah datang untuk menganggu masyarakat. Akhirnya Nian dapat ditaklukkan oleh pendeta Tao, Hongjun Lao Tze. Binatang yang berbentuk naga itu akhirnya menjadi hewan tunggangan Hongjun Lao Tze.

(Visited 353 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *