January 30, 2016

Apa Itu Imlek?

Share artikel ini

Apa yang dirayakan saat imlek?

Hari raya imlek dijadaikan sebagai momen pertemuan seluruh anggota keluarga sekali dalam setahun. Anggota keluarga akan datang berkunjung dan saling berbagi pengalaman selama setahun.

makan malam bersama keluarga pada hari Imlek

Perayaan Imlek sangat berarti bagi warga China karena setiap anggota keluarga dan tetangga saling menjalin kasih, saling mengayomi, dan memulai lembaran baru yang lebih baik serta mengenakan pakaian yang terbaik atau biasanya berpakaian baru.

Perayaan Imlek ditandai dengan makan malam bersama keluarga yang disebut dengan “Nian Ye Fan”, karena makan malam itu dianggap berbahaya karena menurut mitos makhluk Nian akan datang, makan makan malamnya haruslah spesial atau makanan yang sangat enak, misalnya mie goreng, ayam atau bebek panggang dan jeruk mandarin.

Saat makan keluarga harus duduk melingkar menandakan keluarga yang harmonis. Selain itu mempersembahkan makanan kepada Dewa atau leluhur agar mendapatkan perlindungan dan terbebas dari raksasa Nian. Walaupun saat ini ancaman Nian sudah tidak ada, akan tetapi perayaan makan malam saat Imlek maupun makanan untuk persembahan pada leluhur dan dewa tetap dilakukan dengan tulus ikhlas agar merasakan kehidupan yang bahagia dan penuh dengan harapan hidup sejahtera.

Nah sekarang kita tahu kan asal, sejarahnya Imlek dan bagaimana Imlek dirayakan? Ayo bagikan keteman -teman,  agar mereka juga bisa lebih tahu.

Baca Juga :

7 Fakta Menarik Tentang Negara China

7 Fakta Menarik tentang Budaya dan Bahasa Cina

Karya-Karya yang Berasal dari China

(Visited 357 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *