June 13, 2016

Apa itu Kebiri?

Share artikel ini

Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo dan pemerintah RI mengeluarkan putusan berupa pemberlakuan hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual. Hal ini dikarenakan banyaknya peristiwa pemerkosaan yang disertai dengan pembunuhan pada korbannya.

Kebiri sudah dikenal sejak zaman sebelum Masehi, dan merupakan hukuman bagi para budak, pelayan kerajaan dan pemerkosa di Tiongkok, Amerika, Korea, Argentina, Rusia dan Israel.

Tak hanya pada manusia, kebiri juga dilakukan pada hewan dengan tujuan untuk membatasi jumlah hewan peliharaan dan menurunkan risiko penyakit pada hewan. Hewan yang sering dilakukan kebiri atau steril antara lain seperti kucing dan anjing. Lantas apa kegunaan kebiri pada manusia?

Sebenarnya apa itu kebiri? Bagaimana penggunaannya pada manusia?

Kebiri adalah tnidakan bedah atau penggunaan bahan kimia yang bertujuan untuk menghilangkan fungsi testis pada jantan atau fungsi ovarium pada betina.

Kebiri terdiri dari 2 macam, yaitu:

1. Kebiri surgical / pembedahan

Kebiri ini bersifat permanen atau seumur hidup karena prosesnya berupa pembedahan yang mengangkat testis atau buah zakar seseorang.

2. Kebiri medis atau kimia

Kebiri kimia dilakukan dengan pemberian suntikan obat yang membuat testis diperintahkan untuk tidak mengeluarkan hormon testosteron. Efek kebiri tidak permanen maka suntikan harus diberikan secara terus menerus agar memiliki efek yang maksimal.

(Baca juga: Dampak dan Manfaat Media Sosial Bagi Anak)

(Visited 357 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *