July 27, 2015

Bagaimana Cara Meluangkan Waktu untuk Hobi?

Share artikel ini

Jika Anda sedang memiliki anggaran yang ketat, Anda bisa meluangkan waktu Anda di akhir pekan untuk melakukan hal yang Anda sukai seperti membaca buku, menulis, melukis, dan lain-lain.

Bekerja terlalu keras tidaklah baik bagi tubuh maupun suasana hati Anda.

Anda mungkin saja memiliki sifat gila kerja atau yang biasa disebut sebagai workaholic dan pekerjaan adalah prioritas Anda. Walaupun demikian, Anda juga tetap harus bersantai dan melakukan aktivitas lain selain bekerja. Karena setelah mengistirahatkan otak dan pikiran Anda, pikiran Anda akan menjadi lebih jernih dan mood (atau suasana hati) Anda akan bangkit kembali saat Anda kembali bekerja.

bagaimana-mengatasi-rutinitas

Apakah Anda pernah mendengar pepatah bahwa bekerja keras tidak akan membunuhmu?

“Pepatah yang mengatakan kerja keras tidak akan membunuhmu, itu membuat kita harus berpikir dua kali. Karena kerja lebih dari 11 jam meningkatkan risiko penyakut jantung sebanyak 67 persen. Itu menurut penelitian di Inggris,” kata Ketua Penduduk dan Sistem Kedokteran di Britain’s Medical Research Council, Stephen Holgate dikutip dari Healthmeup, Selasa (17/12/2013).

Jam kerja yang melebihi 11 jam dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, tekanan darah dan diabetes. Tahukah Anda bahwa penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung, jantung koroner dan stroke merupakan penyebab orang meninggal terbesar?

Oleh karena itu, sangat disarankan bila Anda sudah selesai bekerja, tinggalkan pekerjaan Anda di kantor dan mulailah bersantai di rumah atau mulailah berolahraga ringan dengan rutin seperti jalan sore, senam pernafasan, yoga dan relaksasi, jogging, bermain tennis, dan lain-lain.

Dengan berolahraga, jantung akan berdenyut dengan lebih cepat dan aliran darah yang kaya akan oksigen juga akan meningkat sehingga jumlah kandungan kolestrol baik (HDL) akan meningkat dan jumlah kandungan kolestrol jahat (LDL) akan menurun. 

Selain berolahraga dapat mencegah Anda dari berbagai macam penyakit, berat badan Anda juga akan mengalami penurunan.

(Visited 480 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *