July 27, 2015

Bagaimana Cara Meluangkan Waktu untuk Hobi?

Share artikel ini

3. Sisihkan waktu Anda

Setelah Anda berhasil melakukan semua pekerjaan Anda, Anda pasti akan merasakan berapa banyak waktu luang yang bisa Anda dapatkan dalam satu hari.

Jika Anda ingin rutin melakukan hal seperti ini setiap hari atau Anda ingin kembali bekerja untuk persiapan esok hari, Anda bisa mencoba untuk mendedikasikan waktu selama 15 menit setiap harinya untuk melakukan hobi yang Anda sukai.

“Bagaimana jika saya memberi diriku waktu 15 menit setiap harinya untuk tidak menggunakan komputer dan bekerja pada sebuah proyek? Saya pikir setiap orang bisa memberikan dirinya 15 menit setiap hari. Tetapi jika dihitung dalam waktu satu bulan, waktu Anda yang dedikasikan untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai sudah lebih dari cukup.” tutur editor Mark Frauenfelder dari Make Magazine.

Tetapi, dengan persyaratan bahwa Anda harus rutin mendedikasikan waktu Anda selama 15 menit setiap harinya. Anda dapat menerapkan hal ini pada hobi apapun yang Anda minati seperti bermain gitar, melukis, menulis novel, bernyanyi, berkebun, dan lain-lain.

Jika Anda merasa waktu 15 menit terlalu singkat, Anda bisa mencoba memanfaatkan waktu di sela-sela aktivitas keseharian atau saat istirahat siang Anda.

Jika Anda suka membaca buku, Anda bisa mencoba mendengarkan audiobook saat Anda sedang menunggu kendaraan umum, menata rambut, dan lain-lain. Anda juga bisa bermain permainan kesukaan Anda atau mendengarkan musik di ponsel pintar Anda di sela-sela waktu tersebut.

Limabelas menit mungkin bisa dianggap sebagai waktu yang singkat. Namun, jika Anda bisa mengisi waktu ini untuk melakukan hal-hal yang berproduktivitas daripada menonton televisi atau bermain permainan konsol, waktu yang singkat ini dapat menjadi sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda.

Hobi sebagai produktivitas? Mungkin pertanyaan itu sempat terlintas di benak Anda. Bagaimana mungkin sebuah hobi bisa menjadi sesuatu yang berproduktivitas?

Mungkin banyak orang menganggap bahwa hobi itu hanya sekedar aktivitas yang membuang uang dan waktu. Banyak orang tak menyadari bahwa sebenarnya ketika Anda melakukan hobi, Anda sedang melakukan sesuatu yang berproduktivitas dan bisa memiliki nilai jual yang tinggi — siapa tahu juga dapat mengubah hobi menjadi profesi?

(Visited 491 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *