August 2, 2015

Belajar Matematika Itu Asyik dan Mudah

Share artikel ini

Metode sempoa

Sempoa adalah sebuah alat hitung kuno yang terbuat dari rangka kayu dengan manik-manik yang bisa digeser-geserkan. Sempoa sudah dipakai di negeri China sejak tahun 2400 SM. Metode perhitungan sempoa adalah metode aritmatika berdasarkan prinsip-prinsip perhitungan sempoa. Seseorang yang baru mulai metode ini harus menggunakan sebuah sempoa untuk mulai belajar terlebih dahulu. Jika Anda terus berlatih dengan ketekunan dan disiplin yang kuat, Anda dapat mengembangkan kemampuan mental aritmatika dengan mahir membentuk bayangan sempoa yang ada di otak Anda yang dapat membantu Anda dalam berhitung cepat.

Apakah semua orang dapat belajar metode ini?

Ya, semua orang dapat belajar metode ini tanpa terkecuali. Tetapi, sangat disarankan bagi anak-anak yang berusia 10 tahun atau kurang untuk mulai belajar metode sempoa karena pada usia 10 tahun atau kurang, otak manusia dapat dikembangkan secara maksimal. Anak- anak dari umur berapapun yang sudah bisa berhitung mundur dan mengenal angka sudah bisa mendaftar dalam metode sempoa. Penelitian juga telah membuktikkan bahwa kemampuan sang anak untuk memahami dan mempelajari sebuah metode tidak secara dominan ditentukan oleh gen, namun, faktor lingkungan dari luar atau eksternal sangat mempengaruhi proses belajar seseorang sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil tanpa terkecuali.

Menurut H. Gardner, “Intelijensi seseorang mengacu pada kemampuan manusia untuk memecahkan masalah atau membuat sesuatu yang dihargai dalam satu atau lebih budaya.” Metode sempoa memberikan gambaran logika yang jelas dalam berhitung dan dalam memecahkan sebuah soal dengan mudah dan cepat. Semakin mahir seseorang dalam metode ini, semakin cepat ia berhitung dalam otaknya karena mental aritmatikanya yang sering dilatih.

Mental aritmatika yang terasah dapat meningkatkan memori dan mempertajam pembentukan mental sang anak. Selain itu, anak bisa mengerjakan dua hal sekaligus dengan penuh perhatian dan efektif yang dapat berpengaruh besar dalam proses belajar di sekolah seperti contohnya, anak dapat mendengarkan dan mencatat penjelasan guru secara bersamaan.

Hal ini dapat terjadi karena metode sempoa memerlukan koordinasi saraf untuk bekerja seperti koordinasi antara mata, telinga dan tangan sehingga dapat pula mengembangkan sel-sel otak mereka.

(Visited 472 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *