August 2, 2015

Belajar Matematika Itu Asyik dan Mudah

Share artikel ini

Apakah hubungannya metode sempoa dengan matematika?

Metode belajar sempoa sangatlah berguna bagi anak yang memang butuh bantuan dalam memahami konsep dasar matematika dan anak yang sudah mahir dalam berhitung. Konsep belajar sempoa dan konsep matematika yang biasa diajarkan sangatlah berbeda. Anak-anak yang mengalami kesulitan dalam belajar konsep matematika yang biasa dapat berkembang secara pesat saat belajar metode sempoa karena dengan menggunakan alat bantu sempoa, anak-anak dapat memahami konsep dasar matematika serta bantuan alat peraga dapat membuat matematika menjadi lebih nyata di mata sang anak serta menyenangkan.

Selain dibantu oleh alat peraga, para instruktur sempoa biasanya akan menyanyikan lagu untuk menghafal jari- jari dalam sempoa sehingga anak merasa bahwa metode sempoa sangat mengasyikkan karena diselingi dengan bermain yang dapat mendukung pembelajarannya. Oleh karena itu, sang anak dapat berkembang pesat dalam belajar berhitung dengan metode sempoa daripada metode matematika biasa yang bersifat abstrak dan kurang bisa dipahami oleh beberapa anak.

Metode matematika biasa lebih memacu anak untuk terus menghafal seperti jika Anda ingin melakukan operasi pembagian, Anda harus menggunakan metode rumah-rumahan atau metode atas bawah untuk melakukan operasi penambahan. Anak-anak yang terbiasa belajar dengan metode matematika biasa juga cenderung harus menggunakan kertas dalam melakukan pengoperasian matematika.

tips belajar matematika
Metode sempoa juga dapat berguna bagi anak-anak yang sudah mahir dalam berhitung karena mereka dapat meningkatkan kinerja otak mereka, berhitung dengan lebih cepat dan mengembangkan mental aritmatika mereka. Mereka juga dapat menyelesaikan pembelajaran sempoa dengan lebih cepat jika mereka sudah mahir dalam berhitung sebelumnya.

Walaupun metode sempoa dan metode matematika biasa yang diajarkan di sekolah sangatlah berbeda, Anak tidak akan mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika di sekolah. Pasti, akan ada perbedaan cara dalam pengoperasian matematika, tetapi, hal ini tidak akan menjadi masalah karena hasil dari pengoperasiannya pasti tetap sama.

Manfaat metode sempoa

1. Berpikir secara kreatif

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kemampuan mental aritmatika dapat terasah dan dapat membantu siswa menghitung cepat tanpa menggunakan kertas, anak dapat berpikir secara kreatif karena anak dapat aktif menggerak-gerakan manik-manik yang ada dalam sempoanya sehingga ia memiliki ide-ide kreatif tentang berhitung sampai ratusan bahkan ribuan.
Anak juga dapat berpikir dan memahami konsep matematika dengan lebih mudah seperti konsep desimal yang dapat membingungkan anak-anak sekolah dasar karena konsepnya yang terlalu rumit. Namun, dengan bantuan sempoa, anak dapat dengan mudah memahaminya karena mereka dapat melihat pengoperasiannya secara langsung.

(Visited 466 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *