July 16, 2015

Cara Menghabiskan Waktu Liburan Secara Efektif

Cara Menghabiskan Waktu Liburan Secara Efektif
Share artikel ini

Siapa sih yang tidak suka liburan? Semua orang baik tua maupun muda pasti menyukai liburan. Liburan adalah hal yang paling kita tunggu-tunggu saat liburan nasional maupun saat liburan sekolah. Mendengar kata liburan, beberapa dari Anda pasti ada yang langsung berpikiran akan menghabiskannya dengan bermalas-malasan, tidur, nonton televisi, dll. Akan tetapi, liburan yang demikian kurang efektif karena bisa mengurangi produktifitas Anda dan hanya membuat Anda menjadi lebih malas.
Liburan seharusnya dapat membuat pikiran kita menjadi lebih fresh dan bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, liburan harus bisa dimanfaatkan dengan baik dan efektif.

Melakukan hal – hal produktivitas disaat orang lain sedang bersenang-senang dan bermalas-malasan memang terdengar sangat membosankan bahkan mengerikan. Anda pasti ingin menghabiskan waktu liburan Anda dengan bersantai di ranjang dan menonton film seri kesayangan Anda.Melakukan hal – hal yang produktivitas bukan berarti Anda tidak boleh bersenang-senang, tetapi Anda membatasi diri Anda untuk melakukan aktivitas yang dapat berdampak negatif bagi Anda jika dilakukan berlebihan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membuat liburan anda menjadi produktif dan menyenangkan, bukan sebaliknya.

1. Belajar sesuatu yang baru

Liburan adalah waktu yang tepat untuk mempelajari keahlian dan keterampilan baru yang selalu Anda ingin lakukan namun tertunda karena kesibukan sehari-hari.  Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus memikirkan hal apa yang benar-benar Anda ingin pelajari dalam liburan panjang Anda kali ini?

Setelah Anda telah mengetahui hal-hal yang ingin Anda pelajari, mulailah sisihkan dan dedikasikan waktu 30 menit setiap harinya untuk mempelajari hal tersebut.

Targetkan kemajuan Anda dan jangan pernah putus asa jika Anda gagal dalam waktu Anda belajar. Seberapapun sukses orang tersebut, mereka pasti akan pernah mengalami kegagalan.

2. Kunjungilah tempat – tempat wisata yang menarik

Apakah Anda senang melakukan perjalanan ke tempat – tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya? Jika iya, liburan panjang kali ini bisa menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Jika Anda suka mendaki gunung, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat pendakian yang dapat menawarkan Anda pemandangan yang spektakuler yang hanya bisa didapatkan di tempat itu. Jika Anda suka berselancar, Anda juga bisa mengunjungi pantai – pantai yang indah dengan sensasi ombak yang berbeda.
Yang terpenting adalah, kunjungi tempat-tempat yang akan membuat Anda merasa rileks dan senang.

3. Jangan bangun terlalu siang

Walaupun Anda sedang dalam liburan yang panjang, biasakanlah diri Anda agar selalu bangun pagi. Anda pasti pernah mendengar istilah “Kalau Anda telat bangun, rezeki Anda akan di patok ayam”, bukan? Mungkin itu ada benarnya juga mengingat bahwa bangun pagi memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Kita dapat menghirup udara segar

Udara pagi hari lebih enak di hirup daripada udara di siang hari. Ini disebabkan oleh lancarnya lalu lintas sehingga udara bersih belum tercemar oleh polusi udara. Selain udara segar, Anda juga dapat berjalan sambil menikmati matahari pagi di taman atau komplek di sekitar tempat tinggal Anda. Matahari pagi sangat berguna bagi tubuh karena kandungan vitamin D yang sangat baik untuk tulang.

Menghirup udara segar juga dapat memaksimalkan kerja otak anda. Selain itu, daya tahan tubuh Anda juga akan meningkat dan aliran darah Anda akan menjadi lancar. Anda juga dapat mulai rutin berolahraga pada pagi hari.

  • Meningkatkan mood (atau suasana hati) baik Anda

“Mereka yang bangun pagi, cenderung lebih sehat dan lebih bahagia” ujar Dr. Joerg Huber, peneliti dari Roehampton University, Inggris, yang di kutip melalui Medicmagic. Penelitian juga menunjukan bahwa manula cenderung lebih bahagia karena mereka sering bangun pagi dibandingkan dengan anak-anak muda atau orang dewasa yang bekerja hingga larut malam sehingga membuat mereka bangun siang.

Dengan bangun pagi, kita tentu memiliki kesempatan untuk sarapan terlebih dahulu. Sarapan juga dapat membuat asupan gizi kita lebih terkontrol sehingga membuat mood kita menjadi lebih baik. Dengan demikian, usahakan diri Anda untuk tetap bangun pagi walaupun Anda tidak memiliki obligasi apapun untuk bangun pagi.

Saya harap postingan ini dapat berguna bagi Anda yang ingin mengisi waktu liburannya dengan hal – hal yang produktif! Semoga berhasil!

(Visited 354 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *