December 13, 2016

13 Ciri Super Dad yang Bisa Menjadi Panutan Si Buah Hati

ciri super dad
Share artikel ini

Di samping ibu, peran ayah juga tidak kalah pentingnya dalam membesarkan anak. Sosok ayah adalah panutan utama di dalam keluarga. Anak akan menjadikan figur ayahnya sebagai role model yang akan membentuk karakter di dalam dirinya.

Apa saja ciri super dad yang bisa menjadi panutan buah hati? Yuk, simak daftar selengkapnya di bawah ini.

1. Membina hubungan yang positif dengan ibu dan anak

01 membina hubungan positif

Agar keharmonisan di dalam keluarga tetap terjaga, Sebagai kepala keluarga Anda harus membina hubungan yang positif dengan semua anggota keluarga.

2. Suka menghabiskan waktu bersama anak

02 menghabiskan waktu bersama anak

 

Ayah yang mempunyai ciri super dad tidak akan melewatkan kesempatan untuk hadir dalam keseharian buah hatinya. Ayah hebat selalu bisa membagi waktu antara kesibukannya dengan waktu khusus bersama si kecil.

3. Turut andil dalam mengasuh anak

03 mengasuh anak

Tidak hanya sibuk dengan pekerjaan di kantor, sosok ayah yang baik juga akan turut andil dalam mengasuh anak. Urusan mendidik anak bukan hanya tugas ibu, kedua orang tua memiliki peran yang sama pentingnya dalam membesarkan anak. Ayah yang terlibat dalam mengasuh anak dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak di usia dini.

4. Menjadi pemandu yang menuntun anak untuk menghadapi dunia

04 pemandu dunia

Super dad yang terbiasa mengasuh anak sejak balita, bisa menjadi teman dan pemandu yang membantu anak menyesuaikan diri dan menghadapi dunia ketika mereka mulai beranjak dewasa.

5. Disiplin

05 disiplin

Sikap disiplin dan tegas harus dimiliki seorang ayah dalam mendidik anaknya. Proses pembelajaran disiplin dan ketegasan ini sebaiknya tetap memperlihatkan perhatian dan kasih sayang. Jika memerlukan hukuman, lakukan dengan batasan yang tepat.

6. Melindungi

06 melindungi

Sudah sepatutnya seorang ayah menjadi pelindung yang bisa menciptakan rasa aman bagi buah hatinya. Keterlibatan ayah dalam mengasuh anak pada masa perkembangannya adalah sumber keamanan emosional bagi si kecil. Perlakuan ayah yang penuh kasih sayang akan menimbulkan rasa aman pada anak.

7. Menyediakan kebutuhan keluarga

07 menyediakan kebutuhan keluarga

Sebagai kepala keluarga, adalah suatu kewajiban untuk selalu menyediakan kebutuhan keluarga. Salah satu ciri super dad adalah selalu berusaha melakukan yang terbaik bagi istri dan anaknya.

8. Sebagai role model

08 role model

Ayah memiliki peran yang sangat vital di dalam keluarga. Figur ayah selalu menjadi role model bagi anaknya. Seorang anak perempuan yang mendapat kasih sayang sangat besar dan sering menghabiskan waktu bersama ayahnya akan tumbuh dengan mengetahui bahwa dirinya berhak diperlakukan secara baik dan hormat oleh laki-laki. Sementara itu, anak laki-laki yang dibesarkan sosok ayah yang baik akan tumbuh menjadi lelaki dewasa yang sopan dan bertanggung jawab.

9. Berpakaian rapi dan sopan sesuai tempatnya

09 berpakaian rapi

Dengan membiasakan diri berpakaian rapi dan sopan sesuai dengan tempatnya, anak akan meniru kebiasaan ini dari orang tuanya sehingga mereka nantinya akan mengerti konsep berbusana yang baik.

10. Tegas dalam mengambil keputusan

Menjadi kepala keluarga harus mempunyai sikap yang tegas dalam mengambil keputusan. Pastikan Anda mengambil keputusan yang tepat dan terbaik bagi keluarga.

11. Tidak berkata kasar

11 tidak kasar

Kata-kata kasar yang disampaikan kepada si kecil dapat memengaruhi karakter di dalam dirinya. Sebaiknya orang tua mengucapkan kata-kata yang baik dan santun kepada anak. Tetaplah tenang dalam menghadapi anak yang berbuat kesalahan, jangan sampai keluar perkataan kasar dan tidak baik dari mulut Anda.

12. Tidak mabuk-mabukan di depan anak

12 tidak mabuk

 

Ayah yang hebat tidak akan mencontohkan perilaku yang tidak baik kepada anaknya, seperti mabuk-mabukan di depan anak misalnya.

13. Menghadapi masalah dengan jantan

13 jantan

Ayah adalah seseorang yang sangat diandalkan di dalam keluarga. Ketika menghadapi masalah apa pun, ayah hebat akan menghadapinya dengan jantan dan tetap tenang.


Nah, itulah beberapa ciri super dad yang harus Anda miliki untuk menjadi ayah hebat. Semoga bermanfaat!

(Visited 182 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *