June 10, 2016

Dampak dan Manfaat Media Sosial Bagi Anak

Share artikel ini

Di era digital semua orang memiliki gadget dan menggunakan saluran internet sebagai fasilitas untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari baik mulai dari anak sampai orang lanjut usia sekalipun. Apa pengaruh media sosial bagi anak Anda?

Anak muda zaman sekarang sudah diberikan gadget oleh orang tua demi memperlancar komunikasi dan mempermudah akses informasi. Coba Anda ingat-ingat, saat Anda masih muda dulu apakah Anda memiliki fasilitas tersebut? Apakah dengan keterbatasan teknologi membuat Anda menjadi ketinggalan dalam segala hal?

Saat ini hampir semua orang di muka bumi memiliki akses ke jaringan media sosial. Tujuan dari media sosial sebenarnya baik yaitu mendekatkan yang jauh dan menjadi penyambung informasi. Namun perlu diperhatikan agar gadget tidak hanya mendekatkan yang jauh saja, namun juga menjauhkan yang dekat.

(Baca juga: Tips Aman Penggunaan Internet untuk Anak)

Media sosial merupakan sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi. Disini setiap orang dapat menjalin hubungan dengan orang lain tanpa dibatasi jarak.

sosial media bayi

Kebanyakan anak-anak menggunakan media sosial dengan gadget mereka sehingga banyak menghabiskan waktu dengan gadget saat berhubungan dengan orang lain di media sosial. Jenis-jenis media sosial antara lain Facebook, Instagram, Line dan Tweeter.

Apakah dampak yang dihasilkan dari media sosial?

Dampak Positif

1. Komunikasi praktis

Dengan adanya media sosial online Anda dapat berkomunikasi dengan cepat dan praktis. Contohnya anak dapat dengan mudah berkomunikasi dengan teman untuk menanyakan tugas ataupun memberikan informasi penting seperti ada temannya yang sakit ataupun menyebarkan berita duka.

(Baca juga: 5 Keuntungan Teknologi Bagi Anak)

2. Menambah teman

Media sosial memang membantu anak-anak untuk mencari teman online. Mereka juga dapat saling mengirimkan pesan untuk menjalin pertemanan dengan orang di negara lain. Sebagai orang tua Anda harus berhati-hati untuk memantau percakapannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

menambah teman

3. Sarana hiburan

Tak hanya sebagai ajang komunikasi, media sosial juga dapat digunakan anak-anak untuk melakukan games online dimana mereka bisa mengajak teman-temannya untuk bermain bersama. Bermain games dapat mengurangi stress pada anak, dan juga dapat menambah teman. Ajak ia bermain games yang edukatif.

Dampak Negatif

1. Informasi/broadcast tidak bertanggung jawab

Saat menggunakan media sosial, biasanya ada teman atau orang lain yang mengirimkan informasi tidak benar atau hoax kepada anak Anda. Ajari anak Anda untuk melakukan cross check terlebih dahulu agar tidak menjadi korban dari informasi tersebut. Beritahu juga untuk tidak langsung percaya informasi yang belum tentu benar misalnya informasi mengenai liburan atau ulangan.

2. Teman yang tidak baik

Sebaiknya Anda mengetahui dengan siapa anak Anda berteman. Tidak menutup kemungkinan orang yang ia pikir teman adalah orang yang jahat atau penipu. Beberapa kasus penculikan, pemerkosaan, pemerasan dan penipuan berasal dari jejaring media sosial.

penculikan anak

3. Kecanduan game online

Anda harus memperhatikan game online yang disediakan oleh media sosial, tak jarang anak-anak asyik bermain dan mengalami kecanduan. Bila ia mengalami kecanduan, maka akan mengganggu konsentrasi belajar sehingga akan berdampak pada nilai akademisnya.

Pada saat bermain game yang dapat bersosialisasi dengan pengguna lainnya, anak Anda juga dapat bertemu dengan orang baru melalui game yang tidak diketahui asal usulnya.

(Baca juga: Ini Dia Akibat Menyalahgunakan Teknologi Bagi Anak)

4. Menjadi korban cyberbullying

Internet memudahkan penggunanya untuk memberikan informasi, baik informasi yang baik ataupun yang buruk. Informasi yang buruk dapat berupa pesan yang menghina atau mengejek, yang juga dikenal sebagai bullying. Bully yang dilakukan di internet disebut juga cyberbullying. Lindungi anak Anda dari cyberbullying.

lindungi anak dari cyberbullying

5. Masalah sosial

Beberapa anak yang pemalu mungkin lebih leluasa mengekspresikan emosinya di media sosial. Namun perlu diperhatikan apakah ia hanya banyak bicara dan ekspresif di media sosial saja? Bagaimana saat ia bertemu dengan teman-temannya? Hal ini bisa disebabkan karena ia merasa tidak nyaman saat berbicara tatap muka dengan orang lain. Terlalu lama berbicara di media sosial dapat mengganggu kehidupan sosial anak.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan agar anak-anak bisa menggunakan media sosial dengan baik dan benar. Tentunya semua orang tua pasti berusaha agar anaknya tidak memiliki masalah berat yang harus ditanggungnya karena penggunaan media sosial yang tidak tepat.

Mari jadikan era digital ini sebagai sarana untuk mencetak anak yang mengikuti kecanggihan ini namun tetap memiliki karakter yang baik dan masa depan yang indah.

Baca juga:

7 Aplikasi Smartphone Untuk Pelajar

Tuntaskan Bullying Sejak Dini

Anak Anda Alami Sulit Konsentrasi Belajar? Ini Solusinya!

(Visited 6,860 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *