August 15, 2015

Efek dan Penanganan Kecanduan Alkohol

Share artikel ini

4.    Menurunkan daya ingat

Meminum alkohol dapat menganggu dan melemahkan sistem sel saraf pusat di otak sehingga menyebabkan lemahnya kesadaran dalam diri kita. Itulah sebabnya mengapa kita tidak pernah ingat berapa jumlah alkohol yang telah kita konsumsi selama hari tersebut. Kita juga cenderung untuk melupakan aktivitas atau hal-hal yang terjadi saat kita sedang mabuk. Bukan hanya melemahkan sistem sel saraf pusat di otak, meminum alkohol juga dapat menurunkan daya ingat kita.

Menurut Jurnal Neurology, minum alkohol secara berlebihan dapat menurunkan daya ingat kita. Mereka melakukan penelitian yang melibatkan 5000 pria dan 2000 wanita, penelitian menunjukkan bahwa dalam rentang 10 tahun ini, mereka mengalami penurunan daya ingat lebih cepat sebanyak 6 tahun karena rutin meminum 2,5 gelas minuman beralkohol perharinya.

Menurut peneliti dari University College London, Severin Sabia, “Peneltian ini membenarkan bahwa mengonsumsi alkohol secukupnya mungkin tidak akan memberikan efek negatif pada otak. Namun, mengonsumsi alkohol secara berlebih di usia muda akan berakibat pada fungsi kognitif pada saat kita tua”.

5.    Paranoid

Para pecandu minuman keras ini biasanya mengalami paranoid seperti merasa dipukuli atau tidak tenang. Oleh karena itu, para pecandu biasanya bersikap kasar terhadap orang yang ada di sekitarnya. Paranoid yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit schizophrenia yang meurpakan sebuah penyakit mental karena adanya sebuah gangguan dalam proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah.

6.    Kenaikan berat badan

Minuman keras umunya mengandung kadar kalori dan gula yang tinggi sehingga dapat menyebabkan obesitas. Tahukah Anda bahwa kadar kalori dan gula yang terdapat dalam minuman beralkohol setara dengan makanan berat yang Anda konsumsi selama 1 hari penuh? Itulah mengapa orang yang terlalu sering meminum minuman keras memiliki masalah dalam berat badan serta perut yang buncit. Setelah meminum minuman keras, mereka cenderung menjadi lapar dan makan makanan yang banyak dan tidur.

7.    Kerusakan saraf

Efek samping miras (minuman keras) lainnya adalah kerusakan saraf. Zat adiktif yang terkandung dalam miras akan membuat para pecandu ingin minum terus dan ketergantungan. Hal ini dapat menyebabkan saraf-saraf tubuh menjadi rusak.

(Visited 225 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *