August 14, 2015

Hal yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Share artikel ini

Mengonsumsi minuman alkohol pada saat hamil dapat berisiko keguguran kandungan, meninggal ketika janin lahir dan berbagai macam cacat fisik, perilaku dan intelektual seumur hidup seperti fitur wajah abnormal, Ukuran kepala kecil, koordinasi yang buruk, perilaku hiperaktif, kesulitan dengan perhatian, kesulitan di sekolah (terutama dengan matematika) serta IQ rendah, dll.

●    Makanan mentah

Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk menghindari makanan mentah seperti sashimi atau ikan yang dimakan secara mentah dengan ataupun tanpa nasi karena di dalam makanan mentah terkandung banyak bakteri dan virus yang dapat membahayakan janin seperti bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan keguguran, virus Toksoplasma yang dapat menyebabkan janin menjadi abnormal, serta bakteri Escherichia coli yang dapat merusak usus dan ginjal.

●    Makanan dan minuman kalengan

Makanan kalengan mengandung pemanis dan pengawet buatan yang akan berdampak buruk bagi janin. Sebaiknya Anda meminum air putih atau jus, itu akan lebih baik untuk tubuh serta janin. Bukan hanya pemanis buatan yang berbahaya, makanan kaleng juga terdapat zat Bisphenol A yang digunakan pabrik untuk mencegah terjadinya karat pada kaleng. Bisphenol A ini dapat meningkatkan risiko gangguan diabetes, serangan jantung, impotensi serta penyakit hati.

●    Minuman kafein & soda

Banyak sekali minuman yang sering kita jumpai terdapat kafein dan soda di dalamnya seperti kafein yang terdapat dalam kopi dan teh. Walaupun kadar kafein dalam teh tidak sebanyak kadar kafein dalam kopi, Anda lebih baik membatasi konsumsi tersebut karena kafein dapat meningkatkan detak jantung yang bisa menyebabkan gangguan pada janin. Kafein juga mengandung zat adiktif yang bisa membuat Anda kecanduan.

(Visited 144 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *