December 19, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Nusa Tenggara

Share artikel ini

3. Tiga Pulau Gili, Nusa Tenggara Barat

Jika suka dengan keindahan laut dan pantai, datanglah ke tiga pulau Gili di Nusa Tenggara Barat yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Tiga pulau Gili yaitu Gili Trawangan lebih banyak menawarkan suasana pesta, sedangkan Gili Meno terlihat lebih tenang, sedangkan Gili Air merupakan tempat berbagai aktivitas yang berhubungan dengan air misalnya melihat kehidupan kuda laut, kura-kura atau aneka macam ikan.

Pulau terbesar di antara tiga gili itu adalah Gili Trawangan dan yang terkecil adalah Gili Meno.

Pulau Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air), Lombok (sumber)

Pulau Gili yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air), Lombok (sumber)

Gili Trawangan memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km dengan populasi penduduk 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling lengkap dan banyak dikunjungi wisatawan. Itulah sebabnya Gili Trawangan punya nuansa turis yang lebih kental dibandingkan Gili Meno dan Gili Air. Di Gili Trawangan hampir setiap malam mengadakan pesta di beberapa tempat. Aktivitas yang paling disukai para wisatawan yaitu melakukan penyelaman, bermain kayak atau berselancar. Ada pula beberapa tempat yang mengajari wisatawan untuk naik kuda berkeliling pulau.

Di Gili Trawangan dan gili lainnya tidak ada alat transportasi, seperti sepeda motor karena tidak diizinkan oleh aturan setempat. Walaupun begitu alat transportasi yang lazim digunakan adalah sepeda dan cidomo yaitu kereta kuda khas Lombok. Sedangkan untuk menjelajahi gili ke gili, wisatawan dapat menggunakan kapal motor dan speedboat.

Gili Meno yang merupakan pulau terkecil diantara tiga gili menawarkan suasana yang tenang. Di Gili Meno wisatawan dapat menikmati keindahan bawah laut yang sangat jernih sehingga dapat dilihat hingga ke dasarnya. Selain itu di Gili Meno juga terdapat spot untuk menyelam seperti Meno Wall dan Turtle Point tempat kura-kura hidup bebas di tempat ini.

Adapun di gili Air wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan air, sebab sedikitnya ada 5 titik tempat hidup hewan air misalnya, kuda laut, kura-kura, dan berbagai macam ikan aneka warna, serta penghuni laut lainnya.

(Visited 533 times, 5 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *