December 19, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Nusa Tenggara

Share artikel ini

5. Pura Batu Bolong, Nusa Tenggara Barat

Pura Batu Blong di Lombok mengingatkan wisatawan pada keindahan pura Tanah Lot di Bali sebab kedua pura ini berada di atas batu karang yang menjorok ke laut. Di tengah batu karang itu terdapat lubang sehingga masyarakat menyebutnya batu bolong atau batu yang berlubang.

Pura Batu Bolong merupakan tempat wisata yang berada di daerah Senggigi. Untuk masuk ke pura ini wisatawan diwajibkan memakai selendang berwarna kuning yang diikatkan di pinggang. Pura Batu Bolong berada di pinggir pantai Sengigi dengan pasir yang berwarna hitam.

Sunset di Pura Batu Bolong, Lombok (sumber)

Sunset di Pura Batu Bolong, Lombok (sumber)

Sejarah berdirinya pura Batu Bolong berkaitan dengan perjalanan seorang pendeta Hindu dari Jawa Timur, Dang Hyang Dwijendra ke Pulau Lombok. Di tempat inilah Dang Hyang Dwijendra menolong beberapa orang bendega atau nelayan perahu yang karam dekat Ponjok Batu. Para nelayan asal Lombok itu pun akhirnya mengantarkan Dang Hyang Dwijendra yang juga disebut dengan nama Ida Peranda Sakti Wawu Rauh sampai ke Lombok dan menjejakkan kaki di Batu Bolong, maka di sinilah dibangun pura itu.

Pura Batu Bolong yang berhadapan dengan selat Lombok dan gunung Agung di Bali memiliki atmosfir spiritual yang kental bagi umat Hindu karena memberikan suasana kedamaian dan ketenangan bagi mereka yang tengah melakukan persembahyangan.

(Visited 543 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *