December 19, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Nusa Tenggara

Share artikel ini

7. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau Komodo sangat terkenal bagi wisatawan karena memiliki hewan komodo yang merupakan satwa langka yang dipercaya sebagai ‘dinosaurus terakhir di muka bumi’.

Memang di pulau Komodo inilah habitat asli hewan komodo sehingga kadal raksasa itu dapat berkembangbiak dengan baik. Komodo yang dikenal dengan nama ilmiah Varanus komodoensis merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.

Penduduk setempat menyebut komodo yang memiliki panjang rata-rata 2-3 meter “Ora”.

Pulau Komodo (sumber)

Pulau Komodo dengan hewan komodo spesies kadal terbesar di dunia (sumber)

Ukuran hewan Komodo yang besar itu berkaitan dengan gejala gigantisme pulau, yaitu kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil akibat tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, padahal laju metabolisme komodo relative kecil.

Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup. Tubuhnya yang besar dan ekspresinya yang mengerikan membuat para wisatawan penasaran ingin melihatnya secara langsung di habitat aslinya. Selain komodo, pulau yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada tahun 1986 ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam, misalnya pohon kayu sepang yang digunakan warga setempat sebagai obat dan bahan pewarna pakaian. Selain itu wisatawan dapat menikmati pemandangan bawah laut dan pantainya yang eksotis.

(Visited 533 times, 5 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *