December 19, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Nusa Tenggara

Share artikel ini

8. Pink Beach, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pink Beach terletak di pulau Komodo Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya Pink Beach merupakan pantai yang berwarna merah muda. Pink beach merupakan pantai dengan warna merah muda — salah satu dari hanya 7 pantai saja yang berwarna merah muda di seluruh dunia.

Pink Beach, Lombok (sumber)

Pink Beach, Lombok (sumber)

 

Selain pantainya yang unik dan indah, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menarik untuk diselami sebab ada beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya yang hidup di perairan ini. Itulah sebabnya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti dari mana asal warna pasir merah muda yang cantik dari Pink Beach ini. Ada yang berpendapat bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati yang banyak ditemukan di pantai ini. Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pink Beach adalah akibat dari adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.

Saat berkunjung ke Pink Beach sebaiknya sediakan perbekalan secukupnya karena di lokasi ini tidak ada tempat berjualan guna menjaga kelestarian alam yang bebas dari sampah. Wisatawan dapat berenang atau snorkeling di Pink Beach tetapi hati-hati karena berada dalam Kawasan Taman Nasional Komodo banyak komodo yang berkeliaran di pantai. Jika melihat komodo sebaiknya kita menjauh karena Komodo merupakan salah satu binatang yang berbahaya.

(Visited 539 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *