December 19, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Nusa Tenggara

Share artikel ini

9. Danau Sano Nggoang, Flores Nusa Tenggara Timur

Pulau Flores dikenal dengan pulau gunung berapi sehingga berbagai peristiwa letusan gunung berapi sering terjadi baik dari Flores barat sampai ke Flores Timur. Itulah sebabnya berbagai “hano” atau danau dalam bahasa lokal warga masyarakat Manggarai Timur ditemukan.

Adapun danau vulkanik terbesar di Nusa Tenggara Timur adalah Danau atau Sano Nggoang. Sano dalam bahasa masyarakat Kempo artinya danau sedangkan Nggoang artinya menyala.

Danau Sano Nggoang, Nusa Tenggara Timur (sumber)

Danau Sano Nggoang, Nusa Tenggara Timur (sumber)

Jadi, Sano Nggoang artinya danau berapi atau danau yang sedang menyala. Sano Ngoang mirip dengan Laut Mati di Israel sebab di Sano Nggoang tidak ditemukan binatang-binatang air yang hidup, sebab danau itu penuh dengan belerang. Bahkan hampir setiap bulan Februari terjadi letusan di tengah laut yang terdengar hingga perkampungan. Jika demikian, keesokan harinya biasanya masyarakat di pinggir kali akan berdatangan untuk memungut binatang air seperti katak, udang, ikan dan lain-lainnya. Danau Sano Nggoang memiliki pepohonan yang cukup teduh dan wisatawan dapat menikmati mandi air panas di ujung danau yang dipercayai dapat menghilangkan penyakit kulit.

(Visited 544 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *