December 16, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sulawesi

Share artikel ini

10. Danau Limboto, Gorontalo

Danau Limboto memiliki karakteristik yang unik karena memiliki berbagai jenis ikan air tawar yang hanya dapat ditemukan di danau ini. Selain itu, di danau Limboto terdapat sebuah lapangan pendaratan pesawat amfibi bernama Katelina yang pernah membawa Presiden Pertama Republik Indonesia, Bung Karno di tahun 50-an.

Danau Limboto berada di desa Iluta yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Gorontalo. Danau Limboto merupakan danau besar yang terletak di Kabupaten Gorontalo dengan luas sekitar 3.000 hektar. Danau Limboto merupakan muara dari lima sungai besar yaitu sungai Bone Bolango, sungai Alo, sungai Daenaa, sungai Bionga, dan sungai Molalahu.

Danau Limboto, Gorontalo (sumber)

Danau Limboto, Gorontalo (sumber)

Pada era 1950-an danau Limboto memiliki kedalaman hingga 27 meter sehingga ketika Presiden Soekarno datang mengunjungi Gorontalo dengan pesawat amphibi dapat mendarat di danau ini. Sayangnya saat ini kedalaman danau Limboto hanya 7 – 8 meter saja yang menjadikan danau terbesar di Gorontalo ini tidak seperti danau biasanya yang berbentuk seperti kolam alami, akan tetapi memiliki bentuk permukaan yang berlumpur.

Walaupun begitu, Anda dapat melihat berbagai flora air tawar yang tumbuh di permukaannya, seperti eceng gondok, glagah, dan bunga teratai. Di danau Limboto, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti memancing ataupun berperahu. Saat yang paling bagus untuk mengunjungi danau Limboto yaitu saat pagi hari atau menjelang senja, karena Anda dapat menikmati permainan warna alam yang yang disebabkan matahari terbit maupun tenggelam.

Selain itu pemandangan di danau Limboto semakin cantik saat musim enceng gondok berbunga, warna ungunya yang indah dan semerbak bau harumnya sangat sayang untuk dilewatkan. Demikian pun saat musim bunga teratai berbunga, danau Limboto seakan dipenuhi dengan ribuan bunga teratai yang tampak indah.

Selain menikmati suasana danau, wisatawan di Danau Limboto juga dapat menikmati aneka kuliner di tempat ini karena banyak nelayan sekitar danau yang menyiapkan berbagai ikan bakar seperti nila, gabus dan mujair yang disantap dengan sambal dabu-dabu yang merupakan sambal khas Sulawesi.

Inilah 10 pilihan tempat liburan yang menarik di Sulawesi. Ayo, pilih yang mana adalah kesukaan Anda?

Baca juga:

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sumatera

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kalimantan

Tempat Wisata Menarik di Asia

(Visited 523 times, 3 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *