December 16, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sulawesi

Share artikel ini

3. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja atau Tanah Toraja merupakan tempat yang wajib dikunjungi wisatawan antara lain karena memiliki keunikan dalam ritual pemakaman dan rumah adatnya yang unik.

Masyarakat Tana Toraja memiliki rumah runcing yang beratap tradisional yang dikenal sebagai tongkonan yang dihiasi ukiran kayu warna-warni. Bentuk rumah Tongkonan berdiri tinggi pada tumpukan kayu, diatapi dengan split-lapis bamboo dan atap berbentuk busur melengkung.

Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja, Sulawesi Selatan (sumber)

Kata “tongkonan” berasal dari Toraja tongkon yang artinya duduk. Semua kegiatan budaya dan ritual masyarakat Tana Toraja berpusat pada Tongkonan. Tana Toraja merupakan kelompok etnis pribumi yang mendiami daerah pegunungan di Sulawesi Selatan. Mayoritas penduduk di Tana Toraja beragama Kristen, sebagian muslim dan ada yang memiliki kepercayaan animisme yang dikenal dengan aluk To Dolo (jalan Leluhur).

Tana Toraja terkenal dengan ritual pemakaman yang unik. Keunikan itu ditunjukkan dengan situs pemakaman di tebing batu. Ada tiga metode penguburan yaitu peti mati dapat diletakkan di gua atau di kuburan batu berukir, atau tergantung di tebing. Hanya orang kaya yang mampu dikuburkan dalam sebuah makam batu diukir dari tebing berbatu karena membutuhkan biaya yang mahal dan waktu beberapa bulan untuk menyelesaikan.

(Visited 536 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *