December 16, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sulawesi

Share artikel ini

5. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Bagi pecinta wisata alam, air terjun Moramo, Sulawesi Tenggara sangat sayang dilewatkan. Air terjun Moramo terletak di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa dengan jarak sekitar 60 km dari pusat Kota Kendari. Air Terjun Moramo tepatnya terletak di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Air terjun Moramo berada dalam kawasan hutan Suaka Tanjung Peropa terkenal sebagai cadangan baru marmer terbesar di dunia.

Air Terjun Moramo memiliki pemandangan yang indah karena bentuknya air bertingkat (cascade) dengan ketinggian sekitar 100 meter. Air mengalir seperti berundak-undak melewati tujuh tingkatan utama menyebabkan air terjun Moramo terlihat unik.

Air Terjun Moremo, Sulawesi Tenggara (sumber)

Air Terjun Moremo, Sulawesi Tenggara (sumber)

Selain tujuh tingkatan utama, ternyata air terjun Moramo masih memiliki sekitar 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air yang dibuat semacam kolam air. Dari sekian banyak kolam di air terjun Moramo, hanya satu yang dapat digunakan untuk berenang yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua dari 7 tingkatan utama air terjun itu.

Suasana di air terjun ini sangat tenang sehingga cocok untuk wisatawan yang mendambakan keheningan alam di saat liburan. Air terjun Moramo memiliki air yang sangat jernih sehingga nikmat untuk digunakan berenang. Wisatawan pun dapat mendaki puncak air terjun tanpa khawatir akan terjatuh karena licin, sebab air terjun Moramo mempunyai batuan kapur yang kokoh sehingga kita bisa naik hingga puncak yang tertinggi.

(Visited 539 times, 3 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *