December 16, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sulawesi

Share artikel ini

6. Benteng Istana Buton, Sulawesi Tenggara

Jika suka berwisata di tempat bersejarah, datanglah ke benteng Istana Buton Sulawesi Tenggara. Benteng Istana Buton bukanlah benteng biasa, sebab Benteng Istana Buton telah dinobatkan menjadi benteng terluas di dunia versi Guinness Book Of Records tahun 2006.

Benteng Istana Buton peninggalan kesultanan Buton ini masih terlihat megah dan bangunannya masih terjaga karena masyarakat sekitarnyalah yang merawat situs ini. hal itu disebabkan masyarakat sekitar sebagian besar adalah keturunan keluarga istana Buton sehingga mereka merasa wajib untuk merawat peninggalan bersejarah itu. Benteng Istana Buton berlokasi di Kabupaten Bau Bau, Sulawesi Tenggara.

Benteng Istana Buton, Sulawesi Tenggara (sumber)

Benteng Istana Buton, Sulawesi Tenggara (sumber)

Benteng Istana Buton pada awal berdirinya berfungsi untuk melindungi satu kelurahan Melai dari ancaman luar. Itulah sebabnya di benteng Istana Buton terdapat sekitar 52 meriam dan 16 pos jaga. Untuk memasuki benteng Istana Buton terdapat 12 pintu sehingga dapat dibayangkan keluasan bagunan serta kemegahannya.

Masyarakat Melai yang tinggal di seputar benteng Istana Buton masih menjalankan adat-istiadat Kesultanan Botun hingga saat ini, maka tidak heran jika masih banyak upacara adat yang dilakukan. Bahkan dalam keseharian mereka menggunakan rumah yang khas masyarakat Melai yaitu rumah yang dibuat panggung dengan pondasi kayu.

(Visited 526 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *