December 16, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sulawesi

Share artikel ini

7. Pusentasi Pusat laut, Sulawesi Tengah

Mengunjungi Desa Towale, Kecamatan Banawa, Donggala, Sulawesi Tengah jangan melewatkan tempat yang unik ini yaitu Pusentasi Pusat Laut. Pusentasi Pusat Laut merupakan sumur air laut yang terletak di daratan dengan air yang asin dan jernih. Tempat wisata ini dapat ditempuh selama 30 menit dari pusat kota Donggala atau sekitar 2 jam dari kota Palu, Sulawesi Tengah.

Pusentasi Pusat Laut, Sulawesi Tengah (sumber)

Pusentasi Pusat Laut, Sulawesi Tengah (sumber)

Nama Pusentasi berasal dari kata Pusat dalam bahasa Kaili berarti Puse, sedangkan Laut jika diterjemahkan dalam bahasa Kaili berarti Tasi. Itulah sebabnya, Pusat Laut jika diterjemahkan dalam Bahasa Kaili berarti Pusentasi.

Sink hole atau tanah ambles inilah yang menjadi daya tarik utama Pusentasi yaitu sebuah lubang besar yang mirip kolam yang terisi air laut. Di dalam pusentasi ini konon terdapat terowongan yang menghubungkan lubang ini ke laut. Adapula yang menyebut pusentasi atau sink hole ini sebagai sumur laut.

Warna air laut yang ada dalam pusentasi ini terlihat biru yang indah. Cuaca panas dan sejuknya air di Pusentasi membuat siapapun ingin segera mencebur di tempat ini. Jika takut langsung terjun dari tebing, Anda dapat menikmati sensasi mandi di sumur laut lewat tangga yang telah disediakan dan Anda juga dapat berenang sepuasnya di Pusentasi ini.

(Visited 535 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *