July 30, 2015

‘Kelas Selfie’ Hadir di Sejumlah Institusi Pendidikan

Share artikel ini

Fenomena foto selfie tengah merebak di hampir seluruh penjuru dunia. Semua orang tidak mau ketinggalan untuk melakukan aksi foto selfie ini. Foto selfie atau foto narsis ini pada dasarnya adalah salah satu jenis foto yang diambil diri sendiri dengan menggunakan kamera digital atau kamera pada ponsel. Biasanya foto selfie dilakukan dengan berbagai gaya, ekspresi dan lokasi menarik yang kemudian hasil foto selfie tersebut akan disebar ke berbagai jejaring social, seperti Facebook atau Twitter.

Pose dan ekspresi foto selfie

Pose dan ekspresi yang digemari dalam mengambil foto diri sendiri tersebut biasanya pose santai dan aneka ekspresi unik, seperti ekspresi ‘duck face’ atau memonyongkan bibir ke muka kamera seperti paruh bebek atau ekspresi ‘sparrow face’ yang hampir sama dengan ‘duck face’. Dan untuk melakukan foto selfie tersebut Anda bisa melakukannya sendiri langsung dengan kamera ponsel atau dengan bantuan cermin yang ada di depan Anda. Bahkan selain foto selfie juga ada fenomena foto groufie atau selfie bersama-sama dalam satu kelompok yang dapat dijangkau dalam satu frame kamera. Femonena foto selfie juga tak lepas dari bantuan ‘tongsis’ atau tongkat narsis untuk membuat orang-orang yang melakukan foto selfie terutama selfie secara kelompok dapat terjangkau oleh kamera.

Uniknya lagi fenomena foto selfie tersebut merambah ke berbagai kalangan, mulai tua, muda, mahasiswa, artis, hingga para kepala negara di dunia. Bahkan pada tahun 2013, kata selfie masuk dalam Oxford English Dictionary versi online sebagai ‘Word of the Year’. Dan hingga saat ini demam selfie masih menjadi fenomena luar biasa di dunia, bahkan tidak sedikit orang yang ingin belajar foto selfie secara khusus. Bahkan sejumlah universitas top di dunia menawarkan Kelas Selfie kepada para mahasiswanya, seperti yang dilakukan oleh University of Southern California baru-baru ini. Kelas selfie tersebut berada dalam mata pelajaran “Writing and Critical Reasoning: Identity and Diversity” yang diajarkan di tahun pertama, yang popular disebut #SelfieClass.

Kelas Selfie hadir di sejumlah perguruan tinggi
Kelas ini mengajarkan bagaimana seseorang membangun identitas melalui gambar, baik identitas jenis kelamin, identitas etnik, identitas seksualitas, hingga identitas status sosial ekonomi melalui ‘selfie’. Bahkan Professor pengampu kelas tersebut mengajak para mahasiswa untuk mengamati antara foto selfie mereka dan foto selfie para selebritis, seperti Beyonce yang berpose mengambil foto kakinya sendiri untuk membangun suatu identitas.

Kelas Selfie sudah diajarkan diberbagai negara

Tidak hanya di California, kelas selfie juga diajarkan oleh sebuah kampus di London, Inggris yakni City Lit College. Kampus ini menawarkan pendidikan bagi Anda yang tertarik untuk mendalami “The art of photographic self-portraiture” alias seni foto selfie. Kursus ini mengajak Anda untuk lebih mengerti dan kritis terhadap fotografi selfie. Unkinya, para peserta kursus juga kedatangan bintang tamu artis seperti Kim Kardashian yang berbicara lebih lanjut tentang foto selfie. Selain belajar fotografi selfie secara teori, para peserta juga akan diajari bagaimana membuat foto selfie secara apik, melalui teknik penguasaan cahaya dan ruang. Bukan tongsis dan kamera ponsel yang wajib dibawa para siswa, tapi kamera SLR untuk fotografer professional. Untuk mengikuti kelas selfie ini, Anda harus membayar sekitar $200 dengan bonus kuliah tamu bersama Kim Kardashian.

Kelas Selfie hadir di sejumlah perguruan tinggi
Kabarnya selain di Amerika dan Inggris, di sebuah institusi pendidikan di Australia juga mengklaim sebagai institusi pendidikan pertama yang mengajarkan kelas selfie kepada para muridnya. Wah..menarik sekali bukan jika hobi Anda dalam ber-selfie ria dapat dikembangkan lebih lanjut melalui kelas fotografi yang mumpuni. Foto-foto selfie Anda akan lebih bagus dan tajam dan jika diunggah ke jejaring sosial pasti akan mendapatkan sambutan hangat dari teman dan relasi Anda.

Tetapi ada tidak ya ‘kelas selfie’ tersebut juga diselenggarakan oleh sejumlah institusi pendidikan atau Lembaga Kursus Fotografi di Indonesia? Jika kelas selfie diselenggarakan di negeri ini, dipastikan kelas-kelas tersebut akan dipenuhi oleh para siswa yang ingin foto narsisnya semakin unik. Siapa mau ikut Kelas Selfie ini kalau ada yang menawarkan kursus ini di Indonesia?

(Visited 134 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *