August 16, 2015

4 Manfaat Mengikuti Kursus Fotografi Selain Belajar Foto

Share artikel ini

Kata fotografi atau photography berasal dari dua kata bahasa yunani kuno, yaitu “photos” yang artinya cahaya dan “grafo” artinya lukis atau gambar.

Jadi, fotografi merupakan seni menciptakan gambar dengan menggunakan cahaya sebagai medianya. Anda pasti tanya “Kok bisa bikin gambar dengan memakai cahaya?”

Ketika sebuah foto dibuat, cahaya atau radiasi elektromagnetik, seperti sinar X, digunakan untuk merekam gambaran dari suatu obyek atau adegan pada permukaan yang sensitif terhadap cahaya. Biasanya, lensa yang terdapat di sebuah kamera digunakan untuk memfokuskan cahaya yang dipantulkan atau dipancarkan dari sebuah benda ketika memfoto. Dan pantulan cahaya inilah yang direkam menjadi gambar nyata, baik secara elektronik melalui sebuah sensor gambar atau secara kimia dengan cara bahan peka cahaya seperti film fotografi yang terdapat di dalam kamera.

Di zaman sekarang, fotografi telah menjadi sarana komunikasi yang kuat karena dapat mengekspresikan visual yang menyentuh kehidupan manusia dalam berbagai macam cara. Apalagi teknologi sekarang yang canggih sekali, kita hanya cuman pencet tombol kamera di handphone kita untuk mengabadikan momen-momen indah seperti saat liburan, wisuda, ulang tahun dan juga pernikahan dengan gambar yang berkualitas tinggi!

Fotografi adalah salah satu seni dan hobi yang paling banyak digemari orang segala usia apalagi dengan adanya sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram serta Pinterest, memotret foto yang indah maupun selfie atau foto diri dapat di upload dan dibagikan dengan mudah dan secara instan di sosial media.

Mengingat banyaknya orang yang tertarik dalam bidang fotografi, tentunya banyak penggemar fotografi yang menjadikan ini sebagai peluang usaha. Dengan adanya kursus fotografi yang cukup marak adanya, mari kita membahas apa saja sih manfaat dari kursus fotografi.

Manfaat Kursus Fotografi

1. Meningkatkan kreativitas

Fotografi juga termasuk salah satu seni juga lho. Bagi Anda yang suka pada bidang fotografi, pastinya mengambil gambar dari segala sudut sampai hasilnya benar-benar bagus dan disitulah kreativitas dalam diri Anda yang diuji. Dengan belajar fotografi, tentunya kreativitas Anda akan meningkat seiring dengan waktu sehingga gambar yang Anda potret memiliki nilai estetika.

Apakah Anda tahu bahwa saat ini banyak orang mengikuti tren untuk mengambil foto-foto makanan dan mempostingnya di media sosial? Dengan kursus fotografi, siapa tahu Anda bisa memamerkan kreativitas dan keterampilan fotografi Anda di dalam food styling atau seni menata makanan agar terlihat lebih menarik dan menggoda?

2. Bertemu teman baru

Jika kita mencoba sesuatu yang baru pastinya kita juga akan bertemu dengan orang – orang sekitar yang baru juga. Jika kita masuk dalam sebuah komunitas atau kelompok fotografi, Anda akan saling bertemu satu sama lain yang mempunyai minat yang sama dengan diri Anda.

Dengan bertemu teman – teman baru, Anda juga akan mendapatkan wawasan yang lebih luas, tidak hanya pengetahuan seputar fotografi saja, tetapi juga menambah pengetahuan yang belum Anda ketahui sebelumnya.

3. Lebih peka

Jika Anda suka pada fotografi pastinya Anda akan memotret tiap momen yang kita lewati. Hanya dengan sebuah potret, sudah dapat menggambarkan suatu kejadian secara detail tanpa dijelaskan dengan kata-kata. Dengan fotografi kita akan memperhatikan keadaan sekitar kita dengan lebih teliti dan jelas yang dapat meningkatkan kepekaan sosial yang ada dalam diri Anda.

4. Memperoleh pendapatan

Sekarang ini banyak sekali diadakannya lomba fotografi. Dengan memiliki kemampuan di bidang fotografi Anda akan memiliki kesempatan untuk memenangkan lomba tersebut dan menghasilkan uang. Apalagi jika Anda sudah mahir dalam bidang fotografi, Anda bisa menjadikan fotografi sebagai pekerjaan Anda maupun penuh waktu atau paruh waktu sebagai freelancer.

Siapa tahu, Anda bias menggabungkan potensi Anda di fotografi dengan passion Anda lainnya di bidang fashion? Sekarang, banyak fashion fotographer yang diincar oleh majalah-majalah terkenal seperti Vogue, Elle, High End Teen, dll.

Setelah Anda membaca postingan ini, kira-kira apakah Anda tertarik dalam fotografi? Jika Anda tertarik dalam bidang fotografi atau hanya untuk iseng-iseng, Anda bisa mengikuti kursus fotografi dari tingkat awal atau pemula (beginner). Siapa tahu Anda dapat menyadari bakat diri sendiri dalam fotografi? Minat Anda tidak akan menjadi sia-sia karena sebenarnya, fotografi adalah suatu cara mengembangkan kreativitas serta untuk berpikir di luar kotak dari perspektif yang berbeda.

Apakah Anda seseorang yang sudah berpengalaman dalam fotografi? Apa tips yang Anda bisa bagikan ke para pembaca? Silakan tinggalkan komentar di bawah.

Baca juga:

7 Kursus untuk Mahasiswa Aktif Masa Kini

(Visited 399 times, 6 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *