September 9, 2016

7 Manfaat Rutin Berolahraga

manfaat berolahraga
Share artikel ini

Ada Apa di Tanggal 9 September?

Tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional oleh bangsa Indonesia, bertepatan dengan saat dikumandangkan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama. Saat itu PON pertama diselenggarakan di kota Solo pada tanggal 9-12 September 1948.

Ketika itu pula bangsa Indonesia mengalami banyak penolakan dimana pada tahun tersebut Indonesia baru pertama kali mengikuti Olimpiade ke-14 di London. Pemerintah Indonesia saat itu menetapkan PON diadakan setiap 4 tahun sekali. Hingga saat ini sudah berlangsung 19 kali penyelenggaraan PON.

Olahraga sudah mulai dikenalkan kepada rakyat Indonesia sejak dini. Hal ini dapat terlihat saat di TK, anak-anak sudah mendapatkan pelajaran olahraga dengan melakukan gerakan-gerakan ringan. Dengan kegiatan tersebut anak-anak akan terbiasa melakukan olahraga dan lama kelamaan akan membentuk jiwa yang menyukai olahraga.

Manfaat Rutin Berolahraga

Dampak melakukan olahraga secara rutin dapat Anda rasakan hingga masa tua nantinya. Berikut ini beberapa keuntungan berolahraga secara rutin:

1. Olahraga menyehatkan tubuh

Melakukan olahraga secara rutin akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Olahraga dapat meningkatkan High-Density Lipoprotein (HDL) tau yang biasa dikenal sebagai kolesterol “baik” sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

2. Meningkatkan mood

Anda sedang sedih dan membutuhkan kesenangan? Berolahraga selama 30 menit saja dapat membantu mengembalikan mood Anda. Olahraga atau aktivitas fisik merangsang zat kimia di otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

3. Membuat otot menjadi kuat

Melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan (endurance) Anda. Pada saat Anda berolahraga oksigen dan nutrisi didistribusikan ke seluruh tubuh lebih efisien sehingga Anda memiliki banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari Anda.

4. Tidur menjadi lebih nyenyak

Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur, olahraga dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan nyenyak, asalkan Anda tidak berolahraga tepat sebelum tidur.

(Baca juga: 10 Bahaya Kurang Tidur)

5. Memiliki bentuk tubuh yang proporsional

Olahraga tak hanya digunakan untuk menurunkan berat badan saja, namun juga untuk memiliki tubuh yang proporsional. Ketika Anda berolahraga secara rutin maka tubuh Anda juga akan terbentuk dengan sendirinya.

6. Meningkatkan kualitas otak

Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan kadar neurotransmiter di otak yaitu serotonin dan dopamin. Serotonin membantu pada menurunkan tingkat depresi, sedangkan dopamin meningkatkan mood dan memberikan rasa senang pada otak Anda.

(Baca juga: 7 Makanan yang Baik untuk Otak Anda)

7. Jika dilakukan dengan serius bisa menjadi atlet profesional

Jika Anda menekuni salah satu cabang olahraga dan mengasah kemampuan Anda dengan mengikuti berbagai pertandingan, Anda dapat menjadi atlet profesional. Anda juga dapat mengikuti pertandingan yang lebih tinggi tingkatannya seperti Olimpiade dan kejuaraan nasional.


Jangan sampai kita menjadi malas bergerak karena terlalu asyik dengan gadget. Banyak olahraga yang dapat Anda lakukan tanpa perlu mengeluarkan uang banyak, misalnya jogging atau kalistenik di rumah.

Perlu diperhatikan pada saat berolahraga untuk tidak dilakukan secara berlebihan karena justru memberikan efek negatif bagi Anda, misalnya dehidrasi, nyeri otot, atau bahkan menjadi mudah sakit. Lakukanlah secara rutin namun dengan batasan waktu yang ditentukan.

Salam Olahraga!

Artikel menarik lainnya:

Tren Meeting Saat Olahraga

Ini Dia Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Anda!

Mengenal Muay Thai, Bela Diri Kerajaan Thai yang Naik Daun

(Visited 2,212 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *