December 29, 2016

Tips & Trik dalam Membesarkan Anak Berkebutuhan Khusus

Share artikel ini

Membesarkan anak berkebutuhan khusus tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda. Sedikit saja orang tua salah menerapkan pola asuh, hal ini akan berdampak pada masa depan anak. Bagi Anda orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam membesarkan buah hati.

1. Belajar menerima fakta bahwa anak Anda (dan semua anak) bukan manusia sempurna

01 bukan manusia sempurna

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Meskipun buah hati Anda berbeda dengan anak-anak pada umumnya, Anda harus menerima fakta bahwa mereka adalah anugerah terbaik yang dititipkan Tuhan kepada Anda. Mungkin awalnya memang tidak mudah, namun menerima kenyataan mengenai kondisi anak akan meringankan langkah Anda dalam merawat dan membesarkannya.

2. Jangan langsung percaya berita buruk tentang anak Anda

304900

Jika kebetulan Anda memiliki anak berkebutuhan khusus, jangan langsung percaya jika mendengar berita buruk tentang mereka. Kebanyakan lingkungan mungkin kurang menerima kondisi anak. Masih banyak masyarakat kita yang memandang sebelah mata anak-anak berbeda ini. Kerap kali, mereka mendapatkan intimidasi ataupun perilaku yang tidak menyenangkan dari teman-temannya. Hal ini merupakan tantangan yang berat bagi anak dan orang tua.

3. Jangan terlalu berharap ada pengobatan

03 jangan terlalu berharap ada pengobatan

Ada banyak sekali terapi yang ditawarkan untuk anak berkebutuhan khusus. Biasanya terapi-terapi itu bertujuan untuk membantu  meningkatkan kemampuan sosial, emosional, serta intelektual si anak. Meskipun saat ini sudah ada temuan bahwa anak yang berkebutuhan khusus dapat disembuhkan melalui terapi dini, namun sebaiknya Anda jangan terlalu berharap besar dengan hal itu. Di samping tetap melakukan terapi, akan lebih bijak jika Anda sebagai orang tua juga menerima kekurangan dan kelebihan yang dimiliki buah hati. Sehingga Anda tidak akan kecewa berlebihan jika ternyata si kecil tidak bisa disembuhkan.

4. Pastikan Anda mengetahui perbedaan antara disiplin dengan hukuman

Mother having discussion with son

Mendisiplinkan anak merupakan tantangan khusus bagi orang tua, terlebih lagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Disiplin berbeda dengan hukuman. Disiplin berarti mengajarkan anak mana hal yang benar dan mana hal yang salah. Anak berkebutuhan khusus terkadang memiliki hambatan dalam berkomunikasi sehingga mereka mengekspresikan perasaan mereka dengan cara yang lain. Gunakan kasih sayang dan cara yang halus untuk mengajarkan mereka tingkah laku yang baik dan mengendalikan dirinya.

(Baca juga: Cara Mendidik Anak Autis)

5. Jangan menganggap semua kesalahan terlalu serius

05 jangan menganggap semua kesalahan serius

Berbeda dengan anak-anak pada umumnya, anak yang memiliki kebutuhan khusus biasanya mempunyai kontrol diri yang kurang bagus. Sering kali, mereka bisa saja melakukan tindakan yang cukup merepotkan seperti menangis, berteriak, menjerit, marah, dan keras kepala. Saat mereka membuat kesalahan, jangan buru-buru memarahinya karena hal itu malah akan mengeruhkan keadaan. Tanyakan dengan baik-baik dan pancinglah agar anak mau menceritakan masalahnya kepada Anda.

6. Minta pertolongan orang lain

06 minta pertolongan orang lain

Membesarkan anak berkebutuhan khusus memang tidak mudah. Dibutuhkan kesabaran yang luar biasa agar orang tua bisa mendidik dan membesarkannya dengan baik. Namun, tentu saja Anda tidak sendirian. Ada keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat yang siap membantu. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan jenis kekurangan anak. Di situ, Anda bisa menambah pengetahuan mengenai cara mengasuh anak dari orang tua lainnya.

(Baca juga: Daftar Sekolah Khusus Untuk Anak Berkebutuhan Khusus)

7. Pupuk rasa percaya dirinya

07 pupuk rasa percaya diri

Anak berkebutuhan khusus sering merasa malu dan tidak percaya diri dengan kondisi dirinya. Beri kasih sayang dan pupuk rasa percaya dirinya agar mereka tidak lagi ragu untuk bergaul dengan orang-orang di sekitarnya.

8. Gali potensi yang mereka miliki

08 gali potensi yang mereka miliki

Meskipun memiliki keterbatasan, setiap anak tetap memiliki kelebihan atau bakatnya masing-masing. Perhatikan hal-hal yang disukai buah hati sehingga Anda bisa menggali potensi yang mereka miliki. Banyak anak yang mempunyai keterbatasan namun bisa berprestasi di hal-hal tertentu.


Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam membesarkan anak kebutuhan khusus. Semoga tips di atas dapat bermanfaat.

Baca juga:

Tokoh dan Artis Berkebutuhan Khusus yang Sukses

Apa itu Sindrom Down?

Mengenal Disleksia

(Visited 168 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *