August 16, 2015

Memilih Antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Share artikel ini

Mengapa perguruan tinggi itu penting

Untuk mencari pekerjaan minimal dibutuhkan lulusan SMA (Sekolah Menegah Atas), tetapi dengan ijazah SMA biasanya hanya mendapat pekerjaan kasar. Namun, di zaman yang sudah maju seperti saat ini pekerjaan kasar (buruh dan sebagainya) sudah mulai digantikan oleh robot atau mesin yang bisa disebut juga dengan dehumansasi. Untuk tetap dapat bersaing dalam dunia kerja yang ketat ini dibutuhkan pendidikan minimal sampai perguruan tinggi karena lowongan pekerjaan sekarang sangatlah membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang lebih menyeluruh mengenai pekerjaan yang akan Anda lakukan kelak. Maka dari itu perguruan tinggi telah menjadi dasar untuk mendapatkan pekerjaan saat ini.

Banyak sekali pelajar di Indonesia yang masih bingung jika ditanya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi yang mana. Mereka masih bimbang memilih antara perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS). Tetapi ada juga yang sudah beberapa orang yang sudah yakin dengan pilihannya. Namun banyak sekali siswa siswi yang lebih memilih masuk ke PTN daripada PTS.

Sering kali, perguruan tinggi swasta dipandang sebelah mata. Padahal, alumni dari kedua perguruan tinggi tersebut tidaklah berbeda. Semuanya tergantung dari pribadi masing-masing orang. Seakan-akan sudah mindset bangsa Indonesia bahwa perguruan tinggi negeri lebih baik daripada swasta. Mungkin juga karena perguruan tinggi negeri lebih terkenal daripada perguruan tinggi swasta.

Banyak juga siswa-siswi yang belajar mati-matian mengikuti kursus, bimbel, dll untuk masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) bahkan ada juga yang menggunakan cara negatif untuk masuk ke perguruan tinggi negeri seperti membeli kunci jawaban, menyogok, dan sebagainya. Padahal, banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia yang memiliki kualitas dan akreditasi yang bagus bahkan melebihi perguruan tinggi negeri.

Hasil SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sangatlah penting. Ada sebagian orang yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri dengan hasil yang bagus dan ada juga yang tidak. Bagi yang belum tahu perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN adalah SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai rapor, SBMPTN adalah seleksi yang menggunakan ujian tertulis sebagai ujian masuk.

Bagi yang tidak berhasil masuk perguruan tinggi negeri mungkin Anda sedikit kecewa. Jika Anda tidak masuk bukan berarti Anda bodoh atau tidak berusaha keras. Untuk Anda yang tidak berhasil masuk perguruan tinggi negeri Anda bisa memilih perguruan tinggi swasta. Namun, bukan berarti perguruan tinggi swasta adalah buangan bagi calon mahasiswa-mahasiswi yang tidak lulus SNMPTN ataupun SBMPTN. Masih banyak perguruan tinggi swasta lainnya yang memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan universitas negeri.

Apa sajakah perbedaan universitas negeri dan universitas swasta? Kita akan membahas beberapa perbedaan-nya di bawah ini.

(Visited 1,038 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *