August 16, 2015

Memilih Antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Share artikel ini

●    Prospek Kerja

Tujuan utama kita berkuliah ialah mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya dan pengalaman kerja sebagai bekal kita untuk terjun ke dunia persaingan kerja yang sebenarnya. Karir yang sukses umumnya diukur dari seberapa besar gaji yang didapatkan. Akan tetapi, untuk mendapatkan pekerjaan tidak hanya berdasarkan kepopuleran universitas atau tempat perguruan tinggi dimana Anda belajar melainkan kemampuan dalam diri Anda.

Namun, sebagian besar fresh graduate atau mahasiswa/i yang baru lulus dari perguruan tinggi negeri yang sulit mendapatkan pekerjaan karena kurangnya soft skill dan perbekalan training yang mereka dapatkan selama kuliah. Berbanding terbalik dengan perguruan tinggi swasta yang sudah mempersiapkan mahasiswa dan mahasiswinya untuk menjadi pekerja yang handal.

Biasanya di perguruan tinggi negeri Anda hanya diarahkan untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi dan hanya belajar teori.Sedangkan, perguruan tinggi swasta lebih condong ke arah bekerja dan soft skill dari segala training dan pembekalan yang Anda dapatkan selama kuliah.

Dan juga, kebanyakan perguruan tinggi swasta memiliki lebih banyak koneksi dengan perusahaan terkemuka baik di dalam negeri maupun luar negeri daripada perguruan tinggi negeri. Akan tetapi, ada juga perusahaan yang lebih mengunggulkan lulusan perguruan tinggi negeri populer seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan lain-lain. Biasanya perguruan tinggi negeri lebih unggul di bidang badan usaha milik negara (BUMN), pegawai negeri sipil (PNS), dan sebagainya. Sedangkan perguruan tinggi swasta di bidang perusahaan-perusahaan swasta.

(Visited 1,038 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *