August 16, 2015

Memilih Antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Share artikel ini

●    Sistem Belajar

Sistem pembelajaran di perguruan tinggi negeri memiliki sistem yang sudah diatur oleh pemerintah. Sehingga, dosen hanya mengajar apa yang telah ditetapkan di kurikulum pemerintah dan lebih mengikuti prosedur pembelajaran. Sedangkan perguruan tinggi swasta dosen bebas memberikan ide-ide yang mereka miliki kepada mahasiswa mereka. Sehingga, mahasiswa bisa belajar dari sudut pandang seseorang. Dan juga kurikulum di perguruan tinggi swasta ada yang nasional dan internasional.

Dosen perguruan tinggi negeri rata-rata adalah PNS dan dosen tamu. Sedangkan, dosen di perguruan tinggi swasta berasal dari berbagai latar belakang seperti mantan duta besar, mantan menteri, pebisnis, dan ada juga merupakan lulusan dari perguruan tinggi negeri. Bahkan, ada juga perguruan tinggi swasta yang mendatangkan pengajar asing sebagai dosen di kampus mereka.

Sebenarnya, keduanya sama saja baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Pada akhirnya, tidak menentukan semua lulusan dari perguruan tinggi negeri lebih baik dibandingkan lulusan dari perguruan tinggi swasta, begitu juga sebaliknya. Untuk mahasiswa-mahasiswi perguruan tinggi swasta, Anda tidak perlu berkecil hati karena sering diremehkan. Tunjukanlah kemampuan yang Anda miliki, bahwa Anda bisa sukses juga.

Semua bergantung pada keinginan atau kemauan belajar yang ada dalam diri Anda. Baik perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri yang dieluh-eluhkan masyarakat ada kelebihan dan kekurangan yang patut Anda dipikirkan baik-baik. Jangan hanya karena salah masuk perguruan tinggi Anda menutup masa depan Anda.

Jangan memilih suatu perguruan tinggi dari segi kualitas nya saja. Tetapi dilihat dari bisa atau tidaknya Anda menjalani pembelajaran di sana. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, nama suatu perguruan tinggi bisa besar atau populer dari kemauan dan kemampuan yang dimiliki oleh alumni dari perguruan tinggi tersebut.

Jadi, pilihlah perguruan tinggi yang nyaman bagi Anda. Apakah Anda seorang mahasiswa/mahasiswi yang mengalami ragu-ragu dalam memilih universitas yang tepat bagi Anda? Bagaimana pengalaman Anda dan apa tips yang Anda bisa bagikan ke para pembaca? Silakan tinggalkan komentar di bawah.

(Visited 1,041 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *