November 27, 2015

Mengapa Kita Perlu Mentor Karir?

Share artikel ini

(1) Mendorong untuk Menang Bersaing

Persaingan karir yang sangat ketat bisa terjadi di dalam lingkup kantor maupun di luar kantor. Lingkungan bisnis yang sangat kompleks dapat berubah dengan tiba-tiba yang semakin membuat ketat persaingan.

Itulah sebabnya diperlukan coach yang akan membimbing kita untuk menanggapi lingkungan bisnis yang berubah-ubah terhadap keinginan dan rencana pengembangan karir.

Coach atau mentor karir akan membantu kita dalam perencanaan karir (career planning) agar kita dapat mengidentifikasi dan mengambil langkah untuk tujuan karir.

Perencanaan karir dilakukan antara lain dengan pelatihan diagnostic dan prosedur untuk membantu kita menentukan “siapa saya” dari sisi potensi dan kemampuan.

Selain itu juga ada penilaian dari coach untuk menentukan kesempatan yang tersedia di dalam maupun luar organisasi.

(2) Mengingatkan akan Tanggung Jawab

Setiap orang memiliki tanggung jawab atas karirnya agar cepat berkembang.

Coach akan membantu mengingatkan kita akan tanggung jawab karir, yaitu dengan memperbaiki dan meningkatkan efektivitas pelaksanaan pekerjaan agar sukses berkarir. Sukses berkarir artinya kita mengalami kemajuan dalam bekerja berupa perasaan puas, antara lain karena dipercaya oleh perusahaan untuk memegang jabatan.

Untuk meningkatkan karir, perlu peningkatan pengetahuan dan ketrampilan atau keahlian sehingga menjadi lebih berprestasi dan produktif.

Berkaitan dengan hal ini, harus kita sadari bahwa untuk memperoleh kemajuan bekerja, merupakan tanggung jawab pribadi. Atau dengan kata lain karier berada di tangan kita sendiri yang memerlukan kemampuan untuk pengelolaan diri sendiri.

(Visited 280 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *