November 27, 2015

Mengapa Kita Perlu Mentor Karir?

Share artikel ini

(3) Menemukan Jalan Hidup Bahagia

Apa yang kita inginkan dalam hidup yang singkat ini? Semua orang ingin bahagia.

Tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana mencapainya. Banyak orang yang tidak bahagia dengan pekerjaan mereka sebab bekerja karena terpaksa atau tidak sesuai dengan bidang yang dicintainya.

Walaupun tidak mencintai pekerjaan itu, seringkali kita takut untuk melangkah ke tempat lain karena merasa berada di zona nyaman. Akibatnya, kita tetap tidak merasa bahagia. Presenter Andi F. Noya yang terkenal dengan program televisi Kick Andy menandaskan, jangan sekali-kali kita merasa nyaman di suatu tempat sehingga kita lupa mengembangkan diri guna menghadapi perubahan dan tantangan.

Mereka yang tidak mau berubah dan sudah merasa nyaman di suatu posisi, biasanya akan mati digilas waktu.

Kalimat itu diungkapkan Andy saat ia memutuskan mengundurkan diri sebagai Pimpinan Redaksi Metro TV dan memutuskan untuk bekerja mandiri. Mentor karir akan mengingatkan kita apakah kita telah mencapai hidup bahagia dengan karir yang kita pilih. Salah satu cara untuk meraih kebahagiaan dalam karir yaitu mengetahui apa yang kita inginkan dari sisi pekerjaan, termasuk lokasi kantor, dan pekerjaan yang kita sukai.

(4) Pengingat Rencana Kerja yang Terarah

Setiap orang harus mempunyai rencana kerja yang benar dan terarah untuk mencapai impian.

Kita mungkin pernah memperhatikan seseorang dengan begitu banyaknya label tempel pada laptopnya, yang berisi berbagai macam catatan dan angka. Inilah salah satu cara untuk mengingatkan diri sendiri tentang apa yang penting kita lakukan dalam bekerja.

Demikian pula coach akan selalu mengingatkan tentang rencana kerja yang terarah. Dengan rencana kerja yang jelas, kita akan melihat prospek yang lebih luas dalam pertumbuhan dan pengembangan karir. Dengan adanya coach yang memingatkan kita pada tujuan karir itu, maka kita akan lebih termotivasi dan terinspirasi untuk mengejar target.

(Visited 264 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *