November 26, 2015

Mengatasi Stress di Kantor

Share artikel ini

#4 Rencanakan Pekerjaan

Rencana pekerjaan sebaiknya kita lakukan agar kita bisa menggunakan waktu dan tenaga dengan efektif dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Dengan perencanaan kerja yang matang, kita dapat memilih prioritas kerja sehingga terhindar dari pelaksanaan tugas-tugas secara serampangan. Karena selain dapat memicu stress, juga dapat membuat kita terlihat seperti orang bodoh yang sibuk melakukan hal-hal sepele.

Jika kita merasa kurang jelas dengan tugas-tugas yang kita terima, jangan malu untuk bertanya pada atasan sehingga pekerjaan kita akan lebih efektif dan efisien.

#5 Buat Suasana Nyaman

Tak ada yang menyangkal jika suasana kerja yang nyaman di tempat kerja akan meningkatkan produktivitas dan membantu kita terhindar dari stress.

Untuk menciptakan suasana nyaman itu, dapat kita mulai dari meja kerja karena stress seringkali berasal dari tempat ini. Misalnya, meja yang berantakan dengan file-file yang tidak teratur atau kurang kebersihan, tampaknya sepele tetapi bisa memicu sikulasi udara kotor dan menganggu kenyaman kerja. Jika tempat kerja tertata rapi, maka kita akan mudah menemukan alat-alat kerja maupun arsip-arsip penting lainnya.

#6 Istirahat yang Efektif

Stress dapat menyebabkan kita terlalu lelah dalam bekerja atau bahkan kita tidak tahu harus mengerjakan apa.

Jika situasinya begitu, istirahatlah sejenak dari tugas yang sedang kita kerjakan. Pada jeda waktu itu bisa digunakan untuk minum kopi atau ngobrol dengan teman selama beberapa menit. Jika tidak ada teman yang diajak ngobrol, maka berdirilah atau jalan-jalan di dalam ruangan selama beberapa menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.

Saat istirahat, manfaatkan waktu secara efektif. Sebaiknya makan siang kita lakukan di luar ruangan atau makan di luar kantor bersama teman-teman. Tujuannya selain membantu kita membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, juga akan mengurangi rutinitas pekerjaan dan stress yang tengah kita alami.

 

Baca juga:

Tanda-Tanda Mencintai Pekerjaan Anda

Mendapatkan Pekerjaan Yang Kita Impikan

(Visited 247 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *