August 14, 2015

Mengenal Budaya dan Seni Batik

Share artikel ini

Jenis-jenis membatik

1. Batik tulis

Batik tulis adalah sebuah batik dengan corak dan motif serta pewarnaan yang dibuat secara alami dan asli oleh tangan sang pengrajin. Batik tulis ini biasanya memakan waktu 2-3 bulan untuk membuatnya karena motifnya dibuat satu persatu dan tidak bisa dikerjakan bersamaan sehingga memakan waktu yang cukup lama. Batik tulis ini biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal karena dasar pengerjaannya oleh tangan sang pengrajin sendiri. Batik tulis juga cenderung memiliki motif yang lebih detil daripada motif dari batik cap ataupun batik tulis.

2. Batik cap

Batik yang satu ini merupakan hasil produksi batik dengan menggunakan cap atau sebuah canting yang mirip dengan stempel yang berbahan dasar tembaga. Batik cap ini lebih mudah diproduksi dan tidak memakan waktu yang lama dalam pembuatannya. Batik cap harus melewati proses pewarnaan yang berulang-ulang dan menyeluruh ke setiap pori-pori kain sehingga warna yang terdapat dalam kain akan bertahan lebih lama dan memiliki warna yang menarik.

3. Batik lukis

Batik lukis adalah salah satu jenis batik yang dibuat dengan cara melukiskan motif atau corak ke atas kainnya. Batik lukis dan batik tulis memang pada dasarnya hampir sama. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam teknik melukiskannya. Batik tulis menggunakan canting untuk melukiskan corak ke atas kain sementara batik lukis menggunakan campuran dari lilin, pastel dan cat air untuk melukiskannya ke atas kain.  Motif batik lukis juga dapat diekspresikan secara bebas oleh sang pengrajin sehingga motifnya menjadi sangat beragam.

Biasanya, orang yang ingin belajar membatik akan mulai mempelajarinya dengan batik lukis karena cenderung lebih mudah. Batik lukis menggunakan cat air dan kuas saat proses sketsa dan baru menggunakan canting saat proses menebalkannya. Setelah selesai proses penebalan, sang pengrajin akan menyelupkan kainnya ke dalam sebuah zat warna beberapa kali lalu didiamkan. Jika sudah selesai, batik akan dicuci dan disetrika.

Kita sebagai penerus generasi bangsa Indonesia tentunya harus mempertahankan warisan budaya Indonesia. Kita dapat mempertahankannya dengan memakai batik saat hari-hari tertentu seperti hari Kartini dan hari besar lainnya. Kita juga bisa mulai mengapresiasikannya dengan belajar membatik dari tahap pemula. Belajar membatik memang awalnya sedikit sulit, namun, sebenarnya membatik hanya memerlukan ketelitian dan konsentrasi dalam membuatnya. Banyak sekali pengrajin batik ataupun kursus seni batik yang dapat membimbing Anda dalam belajar membatik.

Apakah Anda sudah memiliki pengalaman dalam membatik? Atau apakah Anda mau atau sedang belajar seni batik? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

(Visited 467 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *