August 13, 2015

Mengenal Lebih Dalam Tentang Seni Peran di Sekolah Akting

Share artikel ini

Dunia hiburan di Indonesia begitu gemerlap. Banyak film dan sinetron yang kemudian banyak digemari oleh masyarakat di tanah air. Maraknya film dan sinetron tersebut melahirkan bintang – bintang baru, para aktor dan aktris baru yang dikenal melalui kehebatan akting dan peran yang dijalaninya. Mereka menjadi artis terkenal dan banyak dipuja di seluruh negeri. Sebut saja Dian Sastro dalam aktingnya sebagai Cinta dalam film ‘Ada Apa Dengan Cinta’, atau juga Vino Bastian yang berhasil menjadi Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2008 melalui film ‘Radit dan Jani’.

Para bintang tersebut menangguk kesuksesan melalui peran yang dijalaninya di kancah hiburan, tak hanya film dan sinetron, mereka laris manis di berbagai acara di tanah air. Penghasilan menjadi artis di Indonesia pun bisa dibilang sangat menggiurkan. Untuk kaliber artis terkenal konon bisa mendapatkan honor hingga puluhan juta rupiah untuk sekali tampil dalam acara, sinetron, bahkan film. Nah, kepopuleran dan besarnya penghasilan sebagai artis dunia hiburan tanah air ini menjadi imimg-iming para calon bintang di Indonesia. Tidak heran berbagai acara casting sinetron maupun film pasti dipenuhi oleh para calon artis yang ingin mendapatkan peran dalam sinetron atau film.

Sekolah Akting di Indonesia

Selain menempuh cara casting, banyak calon artis yang memilih untuk mengikuti sekolah-sekolah akting di Indonesia. Sayangnya, sekolah akting di Indonesia ini jumlahnya masih terbatas. Selain itu banyak artis di Indonesia yang berangkat dengan latar pendidikan Seni Teater yang diajarkan di sejumlah Institut Kesenian di Indonesia. Kendati demikian tidak semua memilih untuk mengikuti jalur pendidikan Seni Teater tersebut. Sekolah-sekolah dan kursus-kursus akting juga dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mengembangkan karir di dunia hiburan.

Sekolah akting di Indonesia tersebut masih terbilang minim. Kendati demikian masih terdapat sekolah dan kursus akting yang dapat mengajarkan Anda dasar-dasar akting, baik sinetron maupun film. Biasanya sekolah dan kursus akting ini tersebar di berbagai kota besar di Indonesia dan memberikan informasi tentang akses menuju dunia hiburan di Indonesia.

Apa Saja yang Dipelajari?

Singkatnya, sekolah dan kursus akting ini memberikan dasar-dasar akting untuk kelas singkat. Pendidikan dan latihan akting ini diberikan untuk memenuhi kebutuhan aktor dan aktris sinetron atau film Indonesia yang siap pakai. Dalam arti, para artis tidak hanya bermodalkan ‘tampang’ tampan atau cantik, tapi juga ‘skill’ dan dasar-dasar akting yang mumpuni. Tidak hanya di Indonesia, para artis yang mengandalkan ketampanan dan kecantikan saja biasanya tidak akan bertahan lama dan mudah dilupakan. Berbeda dengan artis yang memiliki skill dan dasar akting yang dapat diandalkan, sosoknya akan terus bersinar di dunia hiburan.

Selain itu akting yang dipalajari di sekolah tersebut bukan untuk mewadahi hobi semata, namun akting berdasar seni. Seni berupa seni peran, seperti cabang seni yang bernilai profesional. Para calon artis ini akan mempelajari ilmu akting, bagaimana situasi dan proses produksi film/sinetron, cara menghayati peran, dan cara-cara mendapatkan peran melalui casting-casting yang banyak digelar rumah produksi film/ sinetron.

Singkatnya, ini yang dipelajari di sekolah akting:

  • olah vokal
  • olah tubuh
  • komposisi
  • blocking
  • imaginasi
  • teknik dasar akting
  • improvisasi
  • teknik audisi dan casting
  • dan lain sebagainya

Di Mana Belajar Sekolah Akting?

Sekolah akting saat ini sudah banyak tersebar di tanah air. Kendati jumlahnya masih terbatas, namun banyak kelas-kelas akting singkat yang dapat Anda ikuti. Dengan mengikuti kelas akting ini, Anda akan mendapatkan pelajaran akting langsung dari para pakarnya, seperti artis senior, pengajar seni peran, hingga artis yang tengah bersinar tidak segan-segan membagikan ilmunya. Selain itu Anda dapat mengatahui bagaimana cara-cara untuk mengikuti audisi seni peran dan tips-tips untuk menghindari penipuan.

Seperti diketahui banyak calo artis yang menawarkan iming-iming kepada calon bintang dengan peran sinteron/film dengan sejumlah imbalan, yang ternyata hanyalah penipuan. Nah, tunggu apa lagi? Jika kamu ingin menjadi bintang sinetron atau film dengan mendapatkan dasar-dasar akting di sekolah akting, langsung cek disini yuk!

(Visited 481 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *