March 22, 2016

Apa itu Sindrom Down?

Share artikel ini

Mengenal Sindrom Down #2

Apa saja gangguan yang dimiliki seorang dengan Sindrom Down?

Anak dengan Sindrom Down memiliki keterlambatan pertumbuhan dibanding dengan anak-anak usia sebayanya. Mereka memiliki otot yang lebih kecil sehingga pada saat bayi mereka mengalami kesulitan dalam menyusu dan makan. Akibat otot yang lemah ini juga menyebabkan konstipasi dan masalah pencernaan.

Penderita Sindrom Down memiliki gangguan intelektual, namun biasanya ringan sampai sedang. Mereka tetap dapat belajar dan mengembangkan keterampilan dengan kecepatan yang berbeda dari anak lainnya. Mereka juga bisa memiliki berbagai macam keterampilan pada saat mereka tumbuh dewasa yang tidak dapat diketahui pada saat lahir.

Biasanya anak dengan Sindrom Down mengalami gangguan bicara dan membutuhkan terapi bicara agar dapat berbicara lancar. Mereka mengerti lebih banyak daripada yang dapat mereka ucapkan, dan apabila kemampuan mereka diremehkan maka mereka akan merasa kecewa.

Masalah kesehatan yang biasa dialami Sindrom Down berupa kelainan jantung bawaan, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan (rabun dekat atau rabun jauh), katarak, masalah tiroid, gangguan pencernaan dan tulang belakang yang tidak stabil. Tidak seperti Sindrom Down itu sendiri yang tidak dapat disembuhkan, masalah kesehatan ini dapat diobati.

Mengenal Sindrom Down #3

Bagaimana mendeteksi dini Sindrom Down?

Janin dengan Sindrom Down dapat dideteksi pada saat kehamilan. Terdapat beberapa cara untuk mendeteksi seperti ultrasonografi (USG), pemeriksaan Alpha-fetoprotein (AFP), human chorionic gonadotropin (hCG) dan lain-lain.

(Visited 972 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *