February 10, 2017

Bagaimana Orang Tua Merespon Anak yang Berkata ‘Itu Tidak Adil’?

Share artikel ini

Apakah pernah anak Anda berkata pada Anda bahwa ia merasa Anda lebih memperhatikan saudaranya dibandingkan dirinya? Lantas pernyataan seperti ini membuat Anda berpikir apakah benar sebagai orang tua tidak adil? Apakah Anda menghabiskan lebih banyak waktu dengan yang lain? Apakah Anda memperlakukan mereka dengan tidak adil? Pertanyaan ini adalah pertanyaan pembunuh yang Anda tujukan pada diri Anda.

Bentuk ketidak adilan yang dapat anak Anda rasakan misalnya seperti ia merasa Anda lebih memperhatikan saudaranya dibandingkan dengannya, Anda memberikan tanggung jawab yang lebih besar padanya dibandingkan saudaranya, ataupun bahkan seorang kakak merasa tersaingi karena adik bayinya yang baru lahir.

Banyak orang tua yang merasa bersalah dan stress karena dianggap tidak adil. Anda mungkin dapat merasa menjadi orang tua yang tidak baik ketika hal ini terjadi. Stress pada orang tua dapat menyebabkan berkurangnya waktu dan perhatian yang Anda berikan pada anak-anak Anda. Sedangkan stress pada anak dapat membuatnya lebih mudah marah dan sulit menghadapi rasa frustasi.

Bagaimana Anda bersikap akan menentukan sikap anak-anak Anda. Bila Anda selalu membiarkan mereka bertengkar maka mereka akan menganggap agresivitas adalah hal yang normal untuk dilakukan.

Sebagai orang tua, Anda dapat memberikan persepsi pada anak-anak Anda bahwa Anda berusaha untuk bersikap baik, penuh kasih, adil, dan penuh kasih. Anda ingin setiap anak merasa istimewa, aman dan dihargai, padahal sebenarnya Anda tidak memperlakukan setiap anak dengan sama. Apakah itu dianggap orang tua tidak bersikap adil?

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah “tidak”. Prinsip yang menarik saat mengasuh anak bahwa pekerjaan Anda bukan untuk memperlakukan setiap anak sama, melainkan untuk menilai dan memenuhi kebutuhan unik masing-masing anak. Di sini-lah keadlian berperan.

Bayangkan jika semua anggota keluarga harus meminum jumlah air yang sama setiap hari. Apakah anggota keluarga yang lebih haus daripada yang lain tidak boleh menambah jumlah air yang ia minum? Ataukah anggota keluarga lainnya harus minum lebih banyak agar dapat dikatakan adil?

Pada kenyataannya, seorang anak mungkin lebih membutuhkan bantuan Anda saat mengerjakan pekerjaan rumah daripada anak lainnya. Ada juga yang lebih memerlukan waktu dan perhatian saat berlatih untuk lomba olahraga di sekolahnya. Dalam kasus ini, orang tua tidak adil bila memperlakukan semua anak sama.

Adil tidak berarti sama.

Anda dapat mengajarkan anak-anak bahwa “adil” bukan tentang segala sesuatu yang identik, melainkan adalah tentang memenuhi kebutuhan seorang individu. Dengan itu akan lebih kecil kemungkinan Anda merasa berasalah dan Anda dapat menghargai kebutuhan masing-masing individu dalam keluarga. Pengertian yang Anda tanamkan pada anak Anda akan membantunya belajar menjadi tidak egois, lebih sadar akan kebutuhan orang lain, dan mungkin lebih mampu mensyukuri apa yang mereka miliki.

Jangan membanding-bandingkan anak Anda dengan saudaranya, jangan mencap mereka sesuatu hal yang negatif, tetapi berikan pujian dan komentar yang positif. Ketika mereka bertengkar karena berebut mainan, ajarkan mereka untuk berkata dengan sopan saat ingin bermain dan ajarkan mereka untuk berbagi.

Anda dapat mengatur waktu untuk sesi pribadi untuk masing-masing anak, maka ia akan merasa 10 menit berdua dengan Anda sangat berharga untuknya. Pada saat itu, dengarkan baik-baik apa yang ia butuhkan dan katakan bahwa Anda akan mencoba untuk memenuhinya.

Jadi, ketika anak Anda mengeluhkan “Itu tidak adil!”, Anda dapat menanggapinya dengan memberikan pengertian bahwa memang yang Anda lakukan pada masing-masing anak itu tidak sama, namun pekerjaan Anda adalah bukan untuk melakukan segala sesuatu dengan sama, namun Anda berusaha mencoba untuk memenuhi kebutuhan semua orang seadil mungkin. Maka ia mungkin akan berhenti merengek dan tidak dapat membantah pandangan ini! Selamat mencoba!

Baca juga:

7 Tata Krama yang Harus Orang Tua Ajarkan pada Anak Sejak Dini

10 Kata-kata “Powerful” yang Baik untuk Anak Anda

Hukuman untuk Anak yang Edukatif Tanpa Kekerasan

(Visited 186 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *