May 24, 2016

5 Peran Penting Ayah dalam Keluarga

Share artikel ini

Sosok ayah dalam keluarga mungkin tidak terlalu terlihat oleh sebagian orang dibanding sosok ibu. Pada umumnya semua urusan keluarga (anak, pendidikan, kebutuhan dan kesehatan) merupakan tugas seorang ibu. Ibu diharapkan bisa mengendalikan semua proses kehidupan dalam keluarga, karena itulah sosok ibu sangat ditonjolkan dalam masyarakat. 

Namun, apakah hanya sosok ibu saja yang sangat berperan dalam kehidupan keluarga? Lalu, bagaimana dengan sosok ayah? Apakah ayah tidak banyak berperan dalam keluarga? Apakah tugas utama sang ayah hanya memenuhi kebutuhan keluarga? Tentu ayah memiliki peran yang lebih daripada itu.

Apa sajakah peran ayah dalam keluarga?

1. Pemimpin dalam keluarga

Ayah adalah pemimpin dalam keluarga, perannya sebenarnya sangat besar namun terkadang tak terasa. Kenalkan peran ayah sebagai pemimpin keluarga sejak anak masih kecil. Tujuannya adalah agar ia menghargai setiap usaha yang dilakukan oleh ayahnya.

Misalnya saat anak meminta sesuatu suruh ia untuk menanyakan pada ayahnya boleh atau tidak. Pada saat ini peran ayah sebagai pengambil keputusan akan dilihat oleh anak.

Anak juga dapat diajarkan untuk melayani ayahnya, misalnya saat ayah baru pulang ibu dapat meminta anaknya memberikan minum atau juga mengucapkan “Ayah capek lho baru pulang kerja, ayo tolong dipijitin dulu”, sehingga anak lebih menghargai usaha ayahnya.

2. Pemberi kasih sayang

Tak hanya ibu yang penuh kasih sayang, ayah pun dapat memberikan kasih sayang. Tunjukkan kasih sayang pada istri dan anak di depan anak Anda.

Cara yang dapat dilakukan adalah memberikan cium kening pada ibu dan anak-anaknya. Dengan itu anak akan merasa ayahnya pun dapat memberikan kasih sayang pada keluarganya. Ketika anak sakit atau merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas, ayah dapat memberikan perhatian dan membantu anak.

3. Motivator

Sosok ayah sebagai motivator sangat dibutuhkan bagi anak-anak. Pada saat anak-anak sedang mengalami kesulitan, ayah dapat memberikan motivasi. Motivasi yang diberikan ayah akan sangat mempengaruhi mental anak sehingga dapat membuatnya menjadi lebih kuat atau semangat dalam menghadapi kesulitan. Motivasi dapat diberikan pada saat anak sedang belajar, sakit, lomba, putus asa atau kesulitan lainnya.

4. Pemberi waktu berkualitas

Kebanyakan sosok ayah adalah para pekerja keras agar dapat memenuhi kebutuhan keluarganya. Oleh sebab itu, di sela kesibukan ayah ada baiknya untuk meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga. Misalnya mengajak anak bicara tentang aktivitas di sekolah, menyelimutinya saat tidur, atau bermain di taman dekat rumah.

Pada saat meluangkan waktu bersama, sebaiknya digunakan dengan optimal, artinya tidak ada gangguan pekerjaan, gadget atau televisi. Quality time dengan ayahnya juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak.

5. Pemenuh Kebutuhan

Tujuan dari ayah mencari nafkah adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Karena banyaknya kebutuhan dalam keluarga, seorang ayah akan melakukan hal yang positif demi memenuhinya.

Mengingat usaha yang keras yang dikeluarkan oleh seorang ayah pada saat sedang bekerja, maka ada baiknya sang ayah harus bisa menjaga stamina tubuhnya agar tetap sehat sehingga dapat bekerja.

Itulah peran-peran ayah dalam keluarga. Semoga Anda sebagai ayah bisa berperan dengan baik agar sosok ayah benar-benar dirasakan dalam keluarga. Selamat menjadi ayah yang hebat dalam keluarga!

Baca juga:

7 Hal Menarik Bagi Seorang Ibu Rumah Tangga

Tips Mendampingi Anak yang Pemalu

Tantangan Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Berkarir

(Visited 6,468 times, 14 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *