August 8, 2015

Perbedaan Beberapa Jenis Teh Dan Manfaatnya

Share artikel ini
  • Meningkatkan kondisi kesehatan tubuh

Keistimewaan teh hijau ada terletak dalam antioksidan Epigallocatechin gallate (EGCG) yang mempunyai kemampuan untuk mencegah kanker serta menjadikannya inhibitor bagi penyakit HIV. Zat-zat ini juga dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, menjaga sel-sel kita dari kerusakan dan meregenerasikannya menjadi sel-sel yang baru.

Jangan ragu saat membeli teh hijau yang asli, walaupun harganya mahal, tetapi teh hijau yang asli memiliki jauh lebih banyak manfaat serta keuntungan bagi tubuh. Jangan memilih teh hijau yang kurang berkualitas karena harganya yang murah karena hal ini dapat merusak tubuh kita. Teh hijau yang kurang berkualitas biasanya mengandung senyawa Fluoride yang sangat berbahaya bagi tubuh kita jika dikonsumsi berlebihan.

Teh hijau khususnya teh hijau Jepang dapat membantu mencegah kerusakan jantung serta stroke pada orang yang memiliki hipertensi karena teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa mengurangi kadar kolesterol baik dalam tubuh. Teh hijau juga dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga dapat menjadi minuman yang menyegarkan dan menenangkan bagi orang yang mengidap penyakit diabetes ataupun untuk mencegah penyakit diabetes. Studi di Jepang menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau memiliki resiko 42 % lebih rendah untuk mengidap penyakit diabetes tipe II.

Selain itu, teh hijau juga sangat bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi karena kandungan katekin yang terdapat di dalamnya. Streptococcus mutans merupakan bakteri berbahaya utama dalam mulut. Hal ini menyebabkan pembentukan plak dan juga gigi berlubang serta kerusakan gigi. Teh hijau juga dapat membantu dalam meningkatkan kondisi gigi seseorang, mencegah karies gigi dan mengurangi bau mulut.

  • Menurunkan berat badan

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang langsing dan sehat. Namun, banyak orang ingin mencapainya secara instan dengan meminum pil obat diet. Pil obat diet dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi terus menerus dan secara berlebihan. Salah satu contoh akibat yang dapat timbul adalah gangguan pada sistem pencernaan seperti diare ataupun muntah-muntah. Oleh karena itu, meminum teh hijau dapat menjadi solusi yang tepat jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan ataupun untuk mencegah terjadinya obesitas.

Teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh kita sehingga dapat sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Hal ini dipercaya dapat membantu dalam menghilangkan lemak dalam tubuh kita termasuk pada bagian perut yang lemaknya susah untuk dihilangkan dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan jika menumpuk terlalu banyak.

  • Memperpanjang hidup anda

Dengan meminum teh hijau, Anda juga mencegah terjadinya kanker sehingga Anda dapat memperpanjang hidup Anda. Studi menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat dalam teh hijau berkhasiat untuk mencegah berbagai macam kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker kolorektal atau yang biasa juga disebut sebagai kanker usus besar.

  • Meningkatkan kemampuan otak

Teh hijau mengandung sebuah stimulan kafein dalam kandungannya. Kafein? Bukankah kopi juga memiliki kadar kafein yang tinggi? Apakah kerja kafein dalam kopi dan teh sama?

Kopi memang mempunyai kadar kafein yang tinggi sehingga dapat menyegarkan dan membangunkan Anda di pagi hari. Namun, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan Anda gelisah ketika efek kafein dalam diri Anda telah menghilang.
Teh hijau mengandung kadar kafein yang sedikit dan teh juga memiliki senyawa asam amino L-theanine yang merupakan senyawa yang dapat meningkatkan dopamin dan produksi gelombang alfa dalam otak.

Kerja antara asam amino L-theanine dan kafein merupakan kerja yang sinergis sehingga sangat ampuh dalam meningkatkan fungsi otak. Walaupun sama-sama dapat membangunkan Anda di pagi hari, efek kafein dari teh dan kopi sangatlah berbeda dan juga, efek kafein dari teh lebih ringan daripada kopi sehingga Anda dapat bekerja lebih stabil dan produktif. Anda juga tidak akan merasakan efek gelisah saat efek kafein dalam diri Anda telah menghilang.

(Visited 313 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *