August 11, 2015

Melihat Peluang Profesi Chef yang Makin Populer

Share artikel ini

Berbagai acara televisi yang mengulas tentang profesi chef dan dunianya saat ini tengah marak di Indonesia. Tetapi apa yang Anda bayangkan tentang seorang chef ini?

Acara seputar chef, seperti lomba menjadi chef, acara memasak bersama chef, hingga tayangan sosok chef kenamaan Indonesia yang berjalan-jalan keliling Indonesia menikmati kuliner unik, saat ini banyak disukai oleh banyak orang. Mari kita simak lebih lanjut tentang profesi chef ini.

Sekilas Profesi Chef

Chef identik dengan seseorang yang berada di balik lezatnya hidangan yang Anda santap. Intinya chef adalah bekerja di dapur, mulai membuat resep, menentukan bahan makanan yang diperlukan dan menimbangnya, memasak makanan, hingga menyajikan makanan tersebut ke meja pelanggan. Untuk seorang chef yang bekerja di hotel atau kapal pesiar, chef tak hanya bekerja di dapur dan memasak menu utama atau main course, tapi seseorang yang membuat hidangan pembuka atau appetizer dan hidangan penutup atau dessert juga disebut chef.

Kata chef sendiri berasal dari istilah dalam bahasa Perancis, yakni chef de cuisine yang diartikan seseorang yang mengepalai dapur. Ia bertugas mengatur semua yang terjadi di dapur.

Mulai dari menentukan menu, kreasi masakan, memilih bahan-bahan, persiapan memasak, hingga hasil akhir masakan dengan kualitas tinggi. Seorang chef memiliki sejumlah anak buah untuk membantunya, yang ditugaskan di beberapa bagian khusus seperti bagian daging, bagian ikan, bagian menu penutup, membuat hiasan, dan lain sebagainya.

Popularitas Profesi Chef Saat Ini

Awalnya seorang yang berprofesi chef dikenal sebagai seseorang yang bekerja di dapur sebuah hotel atau restoran mewah. Namun saat ini profesi chef dapat juga dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai pemerhati makanan, kritikus makanan, artis, host suatu acara, bahkan blogger. Banyak yang memilih terjun menjadi chef dengan kepopuleran profesi chef yang bisa dibilang setara dengan selebritis.

Bahkan tidak sedikit generasi muda berniat menjadi seorang chef di kemudian hari. Kendati demikian untuk menjadi seorang chef tetap dibutuhkan keahlian khusus dan teknik-teknik tertentu dalam memasak.

Bahkan untuk menjadi seorang chef di hotel berbintang atau kapal pesiar dibutuhkan keahlian yang didapatkan dari menekuni pendidikan di bidang masak-memasak selama bertahun-tahun. Selain itu untuk bisa menjadi seorang chef di hotel berbintang ada tingkatannya. Apalagi chef bisa dikatakan adalah raja atau ratu yang menguasai dapur.

Tingkatan Karir Chef

  1. Cook helper / kitchen assistants, yang diartikan sebagai asisten dapur bertugas untuk membantu menyediakan bahan-bahan masakan.
  2. Commis, memiliki tugas hampir sama dengan asisten dapur, tetapi memiliki posisi lebih tinggi.
  3. Demi chef dan chef de partie, miripdengan seorang supervisor, ia mengawasi kerja anak buah dan turun tangan langsung bekerja di dapur. Kemudian melaporkannya ke atasan.
  4. Sous chef, seseorang yang bertanggung jawab dengan resep-resep yang ada di dapur.
  5. Executive chef, ia bertanggung jawab dengan semua urusan di dapur. Ini adalah jenjang chef tertinggi.

Bagaimana Menjadi Seorang Chef?

Jika Anda tertarik menjadi seorang chef, banyak cara yang bisa Anda lakukan. Seperti bersekolah dengan jurusan tata boga atau perhotelan sejak bangku SMK. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan ke akademi atau Sekolah Tinggi Pariwisata, baik di dalam negeri atau luar negeri. Kendati demikian belum tentu setelah lulus atau tamat sekolah, Anda langsung mendapat gelar chef.

Ini karena dibutuhkan kerja keras dan disiplin tinggi untuk menyajikan makanan dengan teknik berkualitas tinggi.

Namun jika Anda gemar memasak dan ingin membuka usaha kuliner sendiri, maka Anda dapat juga disebut menjadi seorang chef untuk usaha Anda sendiri. Akan tetapi butuh kepuasan tersendiri dari para pelanggan Anda dengan cita rasa dan teknik masakan Anda.

Apakah Anda tertarik menjadi seorang chef meski tidak memiliki jenjang pendidikan sekolah boga internasional? Jika iya Anda dapat memulainya dengan belajar memasak sendiri di rumah dan mengembangkan keterampilan memasak melalui kursus dan kelas memasak yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Tidak sedikit dari para chef terkenal Indonesia yang mau berbagi keahliannya melalui kelas memasak singkat. Jadi tunggu apa lagi jika Anda ingin menjadi raja atau ratu dapur?

Baca juga:

7 Bumbu Rahasia Para Chef Kelas Dunia

Bagaimana Mengembangkan Karir Di Luar Passion yang Anda Miliki

(Visited 761 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *