July 30, 2015

Rahasia Belajar yang Mudah dan Efektif

Share artikel ini

2. Gaya belajar secara auditori

Individu yang memiliki dengan gaya belajar seperti ini cenderung memiliki pendengaran yang baik. Mereka hanya bisa menghafal saat ada orang menjelaskan kepada mereka secara lisan. Mereka mampu mengingat dengan baik penjelasan guru dan materi-materi yang didiskusikan di dalam kelas.

Mereka mengutamakan nada suara, tinggi rendahnya suara dan gaya baca seseorang untuk mencerna masuknya informasi.

Individu dengan gaya belajar auditori sangat senang bekerja dalam kelompok karena mereka senang bersosialisasi dengan orang lain untuk mendapatkan informasi yang lebih. Mereka juga merupakan  pembaca cerita yang handal karena kemampuan mereka untuk menceritakan kembali apa yang telah didengar sebelumnya.

Apabila Anda memiliki tipe belajar auditori, Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut ini untuk memaksimalkan belajar Anda:

  • Mendengarkan musik klasik

Apakah Anda memiliki banyak tugas membaca yang membosankan? Mendengarkan musik klasik dapat menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Dengan mendengarkan musik, keadaan emosi Anda akan meningkat, membuat Anda lebih mudah menerima informasi.

Musik klasik dapat memotivasi Anda untuk tetap fokus dan tenang dalam pekerjaan yang sedang Anda kerjakan walaupun Anda tidak benar-benar mendengarkannya.

Hal ini dapat meningkatkan kinerja otak Anda sehingga Anda dapat secara otomatis memperhatikan penjelasan guru dengan lebih seksama.

Hindari mendengarkan musik yang berlirik saat belajar. Membaca dan mendengarkan kata-kata akan mengaktifkan pusat bahasa otak Anda, sehingga saat Anda membaca ataupun menulis kata-kata dan Anda mendengarkan musik yang berlirik, otak Anda akan menjadi bingung untuk menyerap informasi karena adanya pertenangan antara lirik dari musik dan kata-kata yang Anda baca.

  • Merekam penjelasan guru

Seperti yang telah dijelaskan diatas, keahlian individu yang memiliki gaya belajar auditori adalah pendengarannya yang tajam. Oleh karena itu, metode seperti merekam penjelasan guru dapat membantu individu dalam belajar di rumah.

Di zaman teknologi yang sudah canggih saat ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan tape recorder yang kurang praktis dalam merekam.

Anda dapat menggunakan ponsel pintar dan dalam sekali klik, Anda dapat langsung merekam dan dapat diulang sebanyak yang Anda inginkan.

Anda dapat mengulang pelajaran kembali di rumah dan dapat menghafalnya dengan lebih baik. Apabila Anda memiliki catatan tambahan, Anda dapat merekam suara Anda dengan berbagai intonasi dan nada suara untuk memudahkan pemahaman Anda.

  • Diskusi kelompok

Individu yang bergaya belajar auditori senang dengan belajar berkelompok karena mereka senang bersosialisasi dengan orang lain.

Dengan belajar berkelompok, individu dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan terhadap materi yang sudah diajarkan di kelas. 

Mereka juga dapat menumbuhkan rasa sosial dan kerjamasama yang terjalin di dalam kelompok serta dapat menukar ilmu pengetahuan antar sesama kelompok.

Walaupun individu yang bergaya belajar auditori mampu menangkap dan mengerti penjelasan guru secara cepat dan mudah bersosialisasi dengan orang lain, mereka sulit untuk membaca teks dengan cepat dan kurang cakap dalam menulis karangan atau cerita.

(Visited 353 times, 3 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *