July 30, 2015

Rahasia Belajar yang Mudah dan Efektif

Share artikel ini

3. Gaya belajar secara kinestetik

Individu mengutamakan gerakan dan sentuhan untuk bisa mengingat sesuatu. Individu biasanya menggunakan alat bantu seperti tangan dan alat peraga untuk bisa memahami suatu penjelasan. Mereka juga sangat menyukai percobaan dan aktivitas fisik. Mereka sukar untuk duduk diam karena keinginannya untuk berjalan dan bereksplorasi sangatlah tinggi. Mereka dapat berjalan mengitari ruangan sambil menghafal sebuah pelajaran.

Apabila Anda memiliki tipe belajar kinestetik, Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut ini untuk memaksimalkan belajar Anda.

  • Menggunakan alat peraga

Menurut Wijaya dan Rusyan,  1994 yang dimaksud “Alat Peraga Pendidikan” adalah media pendidikan berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar.

Individu yang memiliki tipe belajar kinestetik dapat menghafal dengan cepat saat mereka menyentuh benda-benda yang menurut mereka menarik dan informatif.

Alat peraga juga dapat membuat belajar menjadi mudah dan menyenangkan.

bagaimana belajar efektif dan mudahLaboratorium dapat menjadi opsi yang tepat bagi Anda untuk menggali pengetahuan sains Anda lebih dalam. Melakukan berbagai eksperimen juga dapat meningkatkan kerja motorik otak Anda dan keterampilan intelektual dengan cara mencatat dan mengobservasi suatu eksperimen.

  • Pergi ke tempat bersejarah

Secara umum, orang yang bergaya belajar kinestetis akan lebih sulit menghafal geografis sebuah tempat atau sejarah dari suatu tempat yang belum pernah dikunjungi. Jika Anda memiliki waktu luang, luangkanlah waktu Anda untuk pergi ke tempat bersejarah yang dapat meningkatkan pemahaman Anda pada suatu tempat. Selain itu, opsi ini dapat menjadi pilihan rekreasi alternatif yang murah dan menyenangkan.

Walaupun mereka biasa dianggap sebagai anak yang jahil dan usil serta tidak bisa diam di kelas, mereka memiliki potensi yang sama besar dengan anak bergaya belajar visual maupun auditori. Mereka memiliki kelebihan dalam bidang olahraga serta dalam praktek. Mereka juga memiliki koordinasi yang baik antara mata dan gerakan tubuh mereka.

Setelah mengetahui gaya belajar Anda, Anda harus dapat mengatur jadwal belajar Anda. Mulailah membuat jadwal belajar Anda setiap harinya mulai dari pelajaran yang Anda prioritaskan.

Pelajaran yang sukar dipahami harus diprioritaskan karena akan memakan waktu yang lama untuk anda memahaminya.

Mulailah berpikir positif dan berpikirlah bahwa Anda pasti akan bisa dalam pelajaran tersebut. Jika Anda terus berpikir negatif dan benci akan sebuah pelajaran, Anda tidak akan pernah bisa menguasai pelajaran tersebut.

Kuncinya adalah Anda harus berpikir positif dan optimis yang disertai oleh usaha dan kerja keras.

Buatlah atau carilah buku agenda, notes, kalender atau aplikasi pada ponsel pintar untuk mencatat jadwal belajar dan jadwal kelas Anda. Dengan mengatur agenda belajar Anda, Anda dapat memaksimalkan waktu belajar, meminimalisir tingkat stress dan nilai Anda pasti akan mengalami banyak kemajuan.

Jangan terlalu memaksakan diri Anda saat belajar. Kenali kemampuan Anda. Misalnya, jika Anda sudah belajar selama 30 menit, luangkan waktu selama 10 menit untuk beristirahat. Tetapi, waktu 30 menit diusahakan semaksimal mungkin untuk belajar. Rintangan seperti dorongan untuk memeriksa akun-akun sosial media, e-mail dan menghabiskan waktu di situs favorit Anda mungkin dapat menggoda Anda, tetapi Anda harus memiliki kemauan dan keyakinan yang kuat untuk terus belajar. Jika terpaksa, Anda dapat mematikan telepon pintar Anda atau matikan internet dalam telepon Anda selagi Anda belajar.

Jadilah orang yang tertib dan disiplin dengan menjalani apa yang sudah Anda buat di jadwal. Berusahalah terus karena dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan. Jika Anda memang bertekad untuk berhasil, Anda pasti dapat melakukannya. Semoga berhasil!

Baca juga:

Bagaimana Mengasah Otak Kiri dan Otak Kanan?

(Visited 350 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *