February 22, 2016

Sosok Orang Tua dibalik Kesuksesan Anak

Share artikel ini

5. Sri Mulyani

Mantan Menteri Keuangan RI ini merupakan putri dari pasangan Prof. Satmoko (alm.) dan Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko (alm.) Mereka membesarkan anak-anaknya penuh dengan pertimbangan menuju sebuah pendidikan yang lebih baik.

Ada tiga poin penting dalam cara orang tuanya mendidik anak. Pertama, anak-anak dididik untuk selalu bersama dan bersatu. Ini mengingat ekonomi mereka tidak melimpah, karena mereka 10 bersaudara dan orang tua berprofesi sebagai dosen.

sri mulyani

Kedua, selain dianjurkan jempolan dalam mata pelajaran sekolah, anak-anak diarahkan untuk aktif dalam kegiatan di luar sekolah. Misalnya, voli, basket, hiking, pramuka, Palang Merah Remaja dan paduan suara.

Ketiga, membaca dijadikan sebagai kebiasaan atau hobi. Kompas dan Suara Merdeka menjadi bacaan wajib keluarga itu, sedangkan bacaan lain di saat kecil dan remaja adalah Majalah Bobo, Kuncung, Gadis, dan buku-buku non mata pelajaran.

Kini Sri Mulyani membebaskan putra-putrinya dalam memilih profesi. Dia tidak mendoktrinasi anak-anaknya berdasarkan tujuan spesifik tertentu.

(Visited 571 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *